Bagaimana Karsinogen Memicu Kanker?

SehatFresh.com – Karsinogen adalah setiap zat atau eksposur yang dapat menyebabkan kanker. Bagaimana karsinogen menyebabkan kanker adalah topik yang telah diteliti secara intensif. Karsinogen yang berbeda bertindak dengan cara yang berbeda dalam menyebabkan kanker. DNA (deoxyribonucleic acid) bahan kimia yang ditemukan terutama dalam inti sel, yang membawa instruksi untuk membuat semua struktur dan bahan yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi. Beberapa karsinogen cukup kuat untuk bertindak langsung pada struktur DNA sehingga menyebabkan mutasi, sementara beberapa lainnya bertindak secara tidak langsung dengan cara lain seperti meningkatkan pembelahan sel atau mengganggu proses metabolisme seluler.

  • Mutasi

Mutasi disebabkan oleh karsinogen yang berasal dari kategori genotoksin, yang menyebabkan kerusakan struktur DNA yang sifatnya tidak dapat dipulihkan. N-nitroso-N-methylurea (NMU) atau agen non-kimia seperti sinar ultraviolet dan radiasi ion adalah beberapa contoh yang termasuk dalam kategori ini. Virus tertentu juga telah diteliti dapat menyebabkan mutasi gen.

  • Cacat dalam perbaikan sel

Sel-sel tubuh berfungsi dengan baik berkat mekanisme perbaikan yang sangat efisien yang akan memperbaiki kemungkinan kesalahan yang dapat terjadi selama pembelahan sel. Cacat pada mekanisme perbaikan ini akan menghasilkan DNA yang rusak yang akan menyebabkan pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali, yang pada gilirannya menjadi kanker. Karsinogen tertentu bertindak dengan meningkatkan laju pembelahan sel. Hal ini pada gilirannya akan meningkatkan kemungkinan kesalahan dalam struktur DNA.

  • Ketidakseimbangan pertumbuhan sel

Ada keseimbangan alami antara pertumbuhan sel dan kematian sel. Tapi, karena karsinogen, ada perubahan dalam mekanisme kematian sel normal. Proses kematian sel akan melambat dan sel-sel akan terus membelah. Rasio yang abnormal ini pada akhirnya menyebabkan kanker.

  • Genetik

Faktor genetik memainkan peran penting dalam menentukan risiko seseorang untuk terkena kanker. Jika seseorang memiliki riwayat keluarga kanker, seseorang tersebut menjadi lebih rentan terhadap aksi karsinogen.

Mengapa karsinogen memicu kanker memang cukup rumit. Pasalnya, ada beberapa bahan kimia yang disebut co-karsinogen yang tidak menyebabkan kanker secara langsung, melainkan bertindak sebagai pendukung aksi karsinogen tersebut dalam menyebabkan kanker. Zat yang dilabeli sebagai karsinogen mungkin memiliki berbagai tingkat potensi penyebab kanker. Beberapa dapat menyebabkan kanker setelah paparan lama atau tingkat tinggi.

Sinar matahari adalah karsinogen umum yang dapat menyebabkan perubahan sel-sel kulit yang dapat menyebabkan kanker kulit. Radiasi yang dipancarkan dari sebuah bom atom atau kecelakaan tenaga nuklir juga dapat mengakibatkan kanker. Paparan radiasi berulang dari sinar-X karena prosedur medis atau sumber lain juga dapat meningkatkan risiko mutasi genetik.

Sejumlah bahan kimia lingkungan telah diidentifikasi sebagai karsinogen pada manusia. Asap rokok mengandung beberapa zat karsinogenik dan merupakan penyebab utama kanker paru-paru. Beberapa obat yang digunakan dalam pengobatan kanker juga bisa memicu kanker, seperti tamoxifen untuk kanker payudara bisa memicu kanker endometrium. Berbagai bahan kimia yang digunakan dalam proses industri, seperti vinil klorida dan pewarna tertentu, juga merupakan karsinogen.

Sumber gamabar : distributorcreamzalfa.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY