Bagaimana Memahami Teman dengan Orientasi Seksual Berbeda

Orientasi Seksual

SehatFresh.com – Manusia adalah mahluk sosial yang selalu membutuhkan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak lepas dari peran serta dan bantuan orang lain. Baik di lingkungan rumah, sekolah dan lain sebagainya, pasti hari-hari kita akan menjadi lebih menyenangkan dan mudah dengan kehadiran teman dan sahabat. Berhubungan dengan hal tersebut sejak kecil kita ditanamkan untuk berteman tanpa membeda-bedakan.

Mungkin selama ini kita selalu menerapkan sikap tersebut dalam pergaulan. Namun, apabila suatu ketika kita menemukan teman atau bahkan sahabat dekat kita adalah seseorang dengan orientasi seksual berbeda, pasti sedikit banyak kita bingung bagaimana menyikapi hal tersebut. Di satu sisi mungkin ada rasa canggung dan panik ketika kita mengetahui hal tersebut namun di lain sisi kita tidak ingin melukai hubungan pertemanan. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan?

Berikut di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghadapi teman dengan orientasi seksual berbeda:

  1. Jangan langsung judge mereka

Biasanya seseorang yang memiliki orientasi seksual yang berbeda merasa malu dan takut untuk membagi rahasia ini kepada seseorang. Seringkali mereka berpura-pura normal untuk menghindari cemoohan dan tatapan tidak menyenangkan dari orang lain.

Jika mereka membagi rahasia ini pada Anda, berarti Anda adalah seseorang yang cukup mereka percaya. Karena itu, janganlah serta merta memberikan penilaian negatif dan judge pada mereka. Dalam hal ini, mereka sudah cukup lega jika bisa didengarkan tanpa ada tatapan negatif.

  1. Jangan berubah dan menjauhi

Membagi rahasia tersebut kepada Anda pasti sudah dipertimbangkan baik-baik risikonya oleh mereka. Jangan menambah bebannya dengan mengubah sikap Anda dan berusaha menjauhi mereka. Tetaplah bersikap seperti biasa dan wajar terhadap mereka.

  1. Jangan memandang kebaikan mereka sebagai ungkapan jatuh hati

Seperti halnya Anda yang memiliki selera mengenai pasangan, mereka yang memiliki orientasi seksual juga memiliki selera masing-masing dalam memilih pasangan. Bukan berarti ketika mereka baik dan dekat pada Anda lantas mereka memiliki perasaan lebih kepada Anda. Mungkin mereka hanya merasa nyaman sebagai sahabat.

  1. Menawarkan bantuan

Sebagai seorang dengan orientasi seksual yang berbeda membuat mereka mengalami hambatan dalam banyak hal. Dalam karir, pergaulan, pengembangan hobi dan lain sebagainya mereka seringkali menerima penolakan yang sangat menyakiti hati mereka.

Dalam hal ini, Anda bisa menawarkan bantuan dengan mengajaknya di dalam pergaulan agar mereka tidak merasa rendah diri dan putus asa. Mungkin Anda juga bisa memberikan info mengenai di mana mereka bisa mengembangkan hobi mereka tanpa harus minder dan lain sebagainya.

Dengan beberapa langkah di atas diharapkan kita bisa memahami teman dengan orientasi seksual berbeda dan mereka pun tidak merasa putus asa dalam menjalani kehidupan selanjutnya. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here