Bahan Alami untuk Bantu Berhenti Merokok

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Merokok adalah salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Indonesia sendiri dikenal sebagai negara dengan perokok aktif tertinggi di dunia. Catatan yang tentu memprihatinkan. Adakah cara alami untuk mengatasinya?

Jika Anda seorang perokok yang ingin berhenti, bisa jadi Anda sudah mencoba berbagai cara, namun belum berhasil. Bagaimana jika Anda mencoba bahan-bahan alami untuk membantu berhenti merokok? Bahan-bahan alami berikut ini bisa Anda coba.

  • Air putih

Kapan saja Anda merasa ingin merokok, ambillah segelas air putih dan nikmati secara perlahan dibanding Anda membakar satu batang rokok. Air akan dapat menghilangkan keinginan merokok tersebut seketika, walaupun hanya bersifat sementara.

  • Madu

Madu adalah bahan yang baik untuk proses berhenti merokok. Madu mengandung vitamin, enzim, dan protein yang bermanfaat dan membantu menghentikan kebiasaan merokok.

  • Gingseng

Gingseng ternyata sangat efektif untuk mengurangi kecanduan dari nikotin. Cobalah biasakan untuk menikmati secangkir teh hijau ditambah lidah buaya dan gingseng dua kali sehari dan Anda akan lihat kebutuhan Anda akan nikotin semakin berkurang dari hari ke hari. Selain itu, gingseng juga akan memberikan berbagai manfaat kesehatan yang baik untuk Anda.

  • Jahe

Salah satu gejala umum sakau nikotin adalah mual. Ini dapat diatasi dengan mengonsumsi jus jahe. Tambahkan satu sendok teh jahe bubuk pada makan pagi Anda untuk mengurangi keinginan merokok. Jahe adalah bahan yang efektif untuk mencegah produksi dopamin, salah satu komponen utama yang terdapat pada nikotin.

  • Oats

Bahan dalam oats bisa membantu mengurangi keinginan untuk menghisap nikotin. Masukkan oats sebagai menu sarapan Anda dan Anda akan lihat penurunan jumlah batang rokok yang Anda hisap setiap harinya.

  • CoEnzim Q-10

CoEnzim Q-10 adalah jenis enzim yang berisi bahan-bahan alami yang difermentasikan. Enzim ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang sangat kuat. Tidak hanya akan mengurangi keinginan untuk menghisap rokok, tetapi juga mampu memperbaiki kerusakan yang terjadi di paru-paru yang disebabkan oleh rokok.

  • Lobella

Lobella juga bermanfaat dalam mengurangi keinginan untuk merokok dan mengatasi gejala sakau nikotin, seperti mual, iritasi, sering lapar, dan konsentrasi yang lemah.

Sosialisasi bahan-bahan alami tersebut perlu dilakukan lebih gencar lagi. Pasalnya, Indonesia tercatat sebagai negara tertinggi perokoknya. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan dr. Lily Sriwahyuni Sulistyowati mengatakan, jumlah perokok di Indonesia saat ini mencapai 90 juta jiwa.

Berdasarkan riset Atlas Tobbaco, ujar Lily, Indonesia menduduki peringkat satu dengan jumlah perokok tertinggi di dunia. “Bisa dibilang Indonesia itu juara merokok,” katanya.

Oleh sebab itu, sinergi berbagai stakeholder dibutuhkan guna menekan jumlah perokok di Indonesia. (SBA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY