Bahan Alami untuk Kaki Bengkak saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kaki bengkak umum terjadi dalam kehamilan biasanya di akhir trimester dua menjelang trimester tiga. Keluhan ini sulit dicegah karena disebabkan oleh perubahan fisiologis yang menyertai kehamilan. Tubuh wanita hamil akan mempertahankan lebih banyak cairan selama kehamilan guna mengakomodasi kebutuhan janin. Perubahan hormon juga turut berkontribusi. Selain itu, rahim yang semakin membesar menempatkan tekanan pada pembuluh darah sehingga mengganggu kembalinya darah ke jantung. Sebagai dampaknya, terjadi pembengkakan pada tungkai, mata kaki, dan telapak kaki.

Meski dapat mereda dengan sendirinya setelah melahirkan, tetap saja kaki bengkak akan menimbulkan ketidaknyamanan pada ibu hamil. Beberapa cara yang dapat membantu ibu hamil meringankan keluhan ini antara lain dengan berolahraga, tidak berdiri terlalu lama, dan mengatur posisi tidur. Selain dengan cara-cara tersebut, ternyata bahan alami di sekitar pun dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Apa saja?

  • Daun kubis. Daun kubisa juga sama baiknya dengan mentimun dalam mengatasi kaki bengkak pada ibu hamil. Cuci daun kubis dan simpan dahulu di freezer selama beberapa menit. Kemudian tempelkan daun kubis yang telah dingin ke area yang bengkak lalu balut dengan kain atau perban supaya tidak berjatuhan. Setelah itu, posisikan kaki lebih tinggi selama 30 menit. Cara ini bisa dilakukan dua atau tiga kali sehari.
  • Mentimun. Mentimun ternyata tak hanya ampuh untuk mata panda, tapi juga untuk kaki bengkak. Irisan mentimun cukup ditempelkan pada area kaki yang bengkak lalu bungkus dengan kain agar tidak berjatuhan. Biarkan selama 15 menit. Sayuran hijau ini diyakini mampu menyerap cairan yang terakumulasi di area kaki yang membengkak. Cara ini bisa dilakukan 2 kali sehari.
  • Air hangat dan garam. Rendamlah betis dan kaki Anda selama 10-15 menit di air hangat yang telah diberi garam. Air hangat membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah di kaki sementara garam membantu mengatasi peradangan. Cara ini bisa Anda lakukan sebelum tidur.
  • Makanan yang sifatnya diuretik. Tak hanya perawatan dari luar, kaki bengkak juga dapat diredakan dengan makanan tertentu. Ada makanan tertentu yang bekerja sebagai diuretik alami dan sangat baik untuk menjaga fungsi ginjal serta membantu meredakan kaki bengkak pada ibu hamil. Makanan tersebut antara lain apel, semangka, dan jeruk-jerukan.
  • Makanan kaya magnesium. Kekurangan magnesium juga bisa menyebabkan kaki bengkak pada ibu hamil. Oleh karenanya, tambahkan makanan kaya magnesium, seperti pisang, sayuran berdaun hijau, dan yoghurt.

Itulah beberapa bahan alami untuk kaki bengkak pada ibu hamil. Semoga bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY