Bahan Alami untuk Luka Bakar

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Apakah Anda pernah mengalami luka bakar? Bagaimana Anda menangani luka bakar tersebut?┬áSebelum membahas mengenai pengobatan pada luka bakar, ada baiknya jika Anda mengetahui lebih rinci mengenai luka bakar. Luka bakar adalah cidera pada kulit disebabkan berbagai faktor, antara lain minyak, api, bahan kimia dan sinar matahari.

Luka bakar dapat mengakibatkan rasa sakit dan luka yang serius. Luka bakar serius atau parah tentunya butuh penangan lebih lanjut di rumah sakit, tapi luka bakar ringan masih dapat Anda tangani sendiri untuk pengobatannya. Penanganan awal pada luka bakar ringan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Masyarakat sebagian besar meyakini bahwa odol atau pasta gigi dapat dijadikan obat mencegah kulit melepuh yang terkena luka bakar. Taukah Anda bahwa ada bahan-bahan lain yang lebih alami dan dapat ditemukan dengan mudah disekitar Anda?

Berikut beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai pengobatan luka bakar :

  • Lidah Buaya

Lidah buaya umumnya dikenal sebagai tanaman yang digunakan untuk perawatan rambut. Lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat luka bakar karena dipercaya mampu menyerap panas dan perih akibat luka bakar. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu cukup mengambil daging dari tanaman lidah buaya dan potong seukuran tangan Anda, kemudian oleskan daging tanaman lidah buaya tersebut ke kulit Anda yang terkena luka bakar. Anda juga dapat menghaluskan lidah buaya dengan blender kemudian oleskan pada luka bakar.

  • Kentang dan Mentimun

Kentang dikenal memiliki khasiat sebagai anti radang (anti inflammatory) dan mentimun dikenal sebagai buah yang dingin. Mkedua sayuran ini dapat digunakan sebagai obat oles untuk luka bakar. Sama seperti lidah buaya, Anda cukup menghaluskan kedua sayuran ini dengan blender, kemudian oleskan pada bagian yang terkena luka bakar. Diamkan sampai mengering lalu bilas dengan air.

  • Stroberi Dan Tomat

Stroberi dan tomat mengandung Vitamin C tinggi dan banyak kandungan air yang berguna untuk menghilangkan luka bakar akibat sinar matahari serta menghindarkan Anda dari radang kulit. Anda bisa menggunakan salah satu dari kedua buah ini saja.

  • Yoghurt/Susu

Biasanya kulit akan menjadi hitam jika terkena luka bakar. Yoghurt atau susu bisa memberikan nutrisi bagi kulit Anda yang menghitam. Anda cukup mengompres kulit Anda dengan youghurt atau susu untuk mengembalikan warna kulit Anda.

  • Madu

Madu menggandung zat antiseptik yang dapat menjadi obat luka bakar ringan, seperti terkena minyak panas atau knalpot. Cara penggunaan madu cukup dengan mengoleskannya pada bagian yang terkena luka bakar. Diamkan beberapa saat agar zat dari madu meresap ke kulit.

  • Kulit pisang

Kulit pisang biasanya tidak terlalu diperhatikan karena dianggap tidak bermanfaat. Kulit pisang justru berguna untuk pengobatannya. Anda cukup mengoleskan kulit pisang bagian dalam ke bagian luka bakar. Disarankan kulit pisang dioleskan ke luka sampai kulit pisang berwarna hitam agar pemaksimalan zat yang terkandung bekerja sempurna.

  • Teh Celup

Anda dapat menggunakan teh celup untuk mengobati luka bakar yang berada di sekitar mata. Anda hanya perlu merendam beberapa teh celup ke dalam air dingin, setelah itu Anda bisa mengompres area yang terkena luka bakar di sekitar mata Anda.

  • Cuka

Cuka merupakan senyawa kimia organik yang biasa digunakan digunakan untuk penyedap makanan. Penggunaannya cukup dengan membasahi kapas atau kain dengan cuka, kemudian kompres pada bagian luka bakar. Jika rasa sakit terus meningkat, tetap oleskan atau kompres dengan cuka yang masih segar.

Jika luka bakar yang Anda alami cukup parah, disarankan untuk segera membawanya ke Rumah Sakit untuk penanganan lebih lanjut.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY