Bahan Alami untuk Mengatasi Alergi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Alergi adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh yang berlebihan pada bahan-bahan yang tidak menyebabkan gejala-gejala pada sebagian besar orang. Reaksi tersebut dapat muncul dalam bentuk:

  • Ruam di kulit, biasanya dari bahan kimia
  • Hidung beringus dan sesak, akibat debu, serbuk sari dan lainnya
  • Mata gatal, akibat dari debu, serbuk sari, mascara dan lainnya
  • Gangguan perut atau usus, akibat dari alergi makanan
  • Batuk, sesak nafas, suara menciut atau gangguan apapun pada system pernafasan dari allergen apapun.

Berikut bahan alami yang dapat mengatasi alergi anda, meliputi:

  • Minyak Zaitun. Seperti yang kita tahu, minyak zaitun adalah sumber vitamin E dan antioksidan yang cukup besar. Oleh karena itulah banyak wanita yang kemudian melakukan perawatan kulit dengan menggunakan bahan alami ini. Bahkan sudah cukup banyak yang memakai lidah buaya sebagai pelembab kulit. Caranya yaitu untuk mengobati alergi kulit, silakan Anda ambil beberapa tetes saja minyak zaitun ini untuk dikombinasikan bersama sedikit madu murni. Campuran inilah yang bisa Anda oles ke area beruam dan gatal di kulit beberapa kali sehari.
  • Cara mengatasi alergi menggunakan jahe. Caranya yaitu siapkan 15 gram jahe yang ditambahkan dengan 30 cc cuka beras putih serta gula merah secukupnya. Setelah semua bahan siap kemudian rebus menggunakan 400 cc air sampai air menyusut hingga setengahnya. Saring rebusan jahe dan minum secara rutin dan teratur.
  • Bawang putih, mengandung sifat antivirus sehingga dianggap sebagai salah satu obat yang paling efektif untuk menghilangkan alergi. Bawang putih mentah lebih efektif daripada yang dimasak. Anda dapat mengkonsumsi 3 – 4 siung bawang putih yang dicampur dengan madu setiap hari untuk mencegah alergi.
  • Memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, lemon adalah buah yang mampu mencerahkan kulit secara alami. Lemon juga sangat kaya akan sifat anti-inflamasi, anestesi dan antiseptik sehingga mampu mencegah peradangan pada kulit akibat alergi. Caranya yaitu dapatkan ekstrak jus lemon dari 1 atau 2 buah lemon segar, lalu jusnya inilah yang Anda bisa langsung usapkan ke area yang gatal dan merah karena alergi. Gunakan kapas bila ingin lebih gampang dan tunggu beberapa waktu untuk membiarkannya kering. Pakai air hangat untuk membasuhnya nanti. Pengobatan ini lebih efektif bila Anda melakukannya rutin setiap hari 2 kali.
  • Daun salam, kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, selain untuk masakan, daun salam juga bermanfaat untuk mengobati gatal akibat alergi pada kulit. Cara menggunakan daun salam adalah dengan membersihkan daun salam hingga bersih. Setelah bersih, tumbuk daun salam, tidak perlu terlalu halus, kasar saja sudah cukup. Kemudian letakkan pada kulit yang gatal akibat alergi.
  • Berkumur dengan air garam. Obat alami yang efektif untuk mengobati tenggorokan bengkak akibat alergi adalah dengan berkumur menggunakan larutan air garam hangat. Selain itu, semprotan nasal saline membantu menghilangkan serbuk sari atau alergen lain yang berada dalam hidung sehingga mengurangi reaksi alergi.
  • Minyak goreng dan garam merupakan bahan-bahan yang sering digunakan untuk memasak. Namun, minyak goreng dan garam ternyata memiliki manfaat yang lain, yaitu untuk mengobati gatal-gatal akibat alergi. Caranya pun mudah, hanya perlu mencampurkan minyak goreng dengan sedikit garam dan oleskan pada bagian kulit yang gatal akibat alergi.
  • Madu. Salah satu solusi alami paling efektif untuk pengobatan alergi adalah madu. Madu terdiri dari serbuk sari dan bahan-bahan lain yang efektif. Madu yang diproduksi secara lokal lebih disarankan karena mengandung serbuk sari tanaman yang melawan reaksi alergi dengan merangsang sistem kekebalan tubuh. (KKM).

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here