Bahan Alami untuk Mengatasi Nyeri Sendi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Nyeri sendi adalah penyakit yang sering mengganggu otot sendi. Penyakit ini merupakan gejala tunggal yang dapat mengganggu kinerja tubuh. Rasa nyeri pada sendi seringkali melemahkan tubuh, sehingga akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Penyakit nyeri sendi rentan dialami oleh orang yang sudah lanjut usia, obesitas, melakukan gerakan berulang-ulang, dan tenaga fisik yang kurang memadai seperti orang yang terlalu memaksakan diri untuk bekerja fisik terlalu berat setiap harinya. Nyeri sendi biasa muncul di jari-jari tangan, kaki, bahu, siku, pinggul, dan lutut.

Kurangnya kesadaran menjaga kesehatan persendian pun menjadi sebab banyaknya masyarakat mengalami nyeri sendi. Gejala-gejala yang sering muncul diantaranya rasa nyeri di persendian, bengkak, peradangan, tubuh tidak nyaman jika dipegang, dan sendi terasa sakit dan sulit untuk digerakan.

Rematik dan asam  urat sering dijadikan tersangka utama dari nyeri sendi yang dialami, meskipun keduanya memang dapat menyebabkan nyeri sendi, tetapi mereka bukan penyebab utama. Ada penyebab-penyebab lain yang mengakibatkan nyeri sendi, misalnya saja rasa nyeri pada jari-jari tangan juga bisa disebabkan oleh trigger finger, carpal tunnel syndrome, dan de Quervain.

Berbagai pengobatan bisa dilakukan untuk mengobati penyakit ini salah satunya adalah menggunakan pengobatan alami, pengobatan jenis ini tentunya lebih aman dikonsumsi, karena berasal dari bahan bahan alami. Pengobatan nyeri sendi secara alami dapat Anda lakukan dengan membuat racikan obat dari bahan-bahan berikut ini:

  • Jahe. Tanaman ini merupakan bahan anti inflamasi alami yang sangat kuat. Bahan ini yang dapat dijadikan sebagai obat nyeri sendi yang alami dan dapat mencegah dari pembentukan unsur unsur yang dapat menyebabkan peradangan.
  • Boswellia. Boswellia¬†serata atau yang disebut kemenyan. Ramuan ini yang sangat ampuh selalu dan dapat dijadikan sebagai tips obat nyeri sendi yang alami dan mudah sekali untuk kita lakukan. Hal ini yang dapat membantu anda lakukan meredakan nyeri sendi, dan sangat dipercaya untuk mencegah sel darah putih inflamasi yang masuk ke dalam jaringan yang sudah rusak. Selain dapat dijadikan sebagai tips obat nyeri sendi namun ramuan ini yang akan sangat membantu arhritisdan dapat dikatakan menjadi salah satu bahan alami anti rematik.
  • Kunyit. Tanaman kunyit sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk obat nyeri sendi yang ampuh mengurangi peradangan dan nyeri. Kunyit diketahui juga dapat meningkatkan kekuatan tulang rawan Anda. Kunyit memiliki antioksidan tinggi yang dapat memperbaiki kerusakan oksidatif karena peradangan. Hal ini tentu penting karena tulang rawan berperan penting melindungi sendi. Penggunaan bahan ini dapat Anda racik dengan mudah, siapkan 4 jengkal kunyit, 1 sendok makan minyak sayur, dan 1 sendok teh lada hitam. Pertama parutlah kunyit lalu peraslah airnya. Tampung air perasan kunyit di dalam gelas. Tumbuk lada hitam hingga halus, atau Anda dapat menggunakan serbuk lada hitam kemasan. Masukkan bubuk lada hitam ke dalam gelas berisi air perasan kunyit dan tambahkan minyak sayur aduk hingga bercampur. Penambahan minyak sayur berperan penting untuk meningkatkan asimilasi.
  • Jintan hitam. Jintan hitam atau habbatussauda mengandung asam salisilat yang merupakan aspirin alamiah yang dapat dijadikan sebagai tips obat nyeri sendi yang alami.
  • Teh hijau Sencha. Teh ini sudah terkenal ampuh sebagai obat nyeri sendi alami untuk redakan sakit nyeri sendi. Proses pembuatan dari teh sencha ini pun cukup unik. Daun sencha yang telah selesai dipanen ditempatkan ke dalam ruangan beruap atau oven basah untuk beberapa waktu. Tujuan dari penguapan ini adalah untuk menghentikan oksidasi sebelum akhirnya daun sencha di ranjang dan dikeringkan.
  • Gel lidah buaya. Memang belum banyak yang mengetahui bahwa gel lidah buaya yang dapat dijadikan sebagai tips obat nyeri sendi alami. Gel ini yang mampu mencegah inflamasi serat meredakan rasa sakit pada tubuh yang mengalami nyeri.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY