Bahan Alami untuk Menghilangkan Kutu Kepala

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kutu rambut merupakan masalah pada kesehatan kepala yang sering muncul. Kutu kepala memang bukan masalah yang besar. Tentu saja adanya kutu di rambut membuat kepala tidak nyaman karena merasa gatal terus menerus.

Umumnya kutu pada manusia berukuran kecil sekitar 1-4 mm dengan kaki panjang dan warna coklat atau hitam pada tubuhnya. Perkembangan kutu rambut bisa dibilang sangat cepat, seekor kutu betina mampu bertelur hingga 6 butir telur sehari. Telur tersebut akan sangat sulit untuk dibersihkan karena telur tersebut melekat sangat erat di rambut. Telur-telur kutu tersebut akan menetas setelah kurang lebih 8 hari.

Menghilangkan kutu adalah pekerjaan yang menuntut ketelitian tinggi karena ukurannya kecil, tapi berikut adalah bahan-bahan alami yang dapat menghilangkan kutu dari kepala Anda:

  • Almond. Almond sangat berguna untuk membersihkan kutu rambut dan telurnya. Selain itu penggunaan almond juga akan merawat kesehatan rambut, membuatnya lebih kuat, sehat, hitam berkilau dan tidak bercabang. Cara menggunakannya dengan merendam almond selama 10 sampai 12 jam. Angkat almond dari rendaman kemudian kupas, haluskan dengan blender. Setelah itu tambahkan air perasan lemon atau jeruk nipis, campurkan hingga merata. Oleskan krim campuran ini pada kulit kepala hingga merata, jangan lupa berikan juga pijatan pada kulit kepala agar rileks. Usahakan perlahan dan menyeluruh, agar tidak ada telur kutu rambut yang terlewatkan. Setelah selesai mengoleskan krim almon pada seluruh permukaan kepala, tunggu kurang lebih 2 jam agar krim mulai bekerja kemudian bilas kembali dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal, bisa dilakukan seminggu sekali.
  • Perasan Lemon. Buah yang memiliki cita rasa asam ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan telur dan kutu rambut. Kandungan asam yang cukup tinggi menjadi penyebab utama perasan lemon bermanfaat dalam membersihkan telur yang menempel pada rambut Anda. Cara menggunakan bahan ini adalah persiapkan 1 buah lemon dan cuka. Air hasil perasan lemon kemudian digunakan untuk membasuh rambut, dari ujung hingga kulit kepala. Beri pijatan lembut. Diamkan selama 40 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat yang dicampur sedikit cuka. Kemudian sisir dengan sisir khusus kutu untuk membersihkan kutu rambut dan telur yang menempel pada rambut.
  • Minyak zaitun. Penggunaan minyak zaitun ini akan sangat membantu untuk menghilangkan telur kutu yang menempel pada rambut. Pengunaan bahan ini sebaiknya dilakukan pada malam hari. Cara menggunakan bahan ini adalah mengoleskan secara merata dari kulit kepala hingga ujung rambut, berikan pijatan agar benar-benar merata. Tutup kepala dengan shower-cap, kemudian bisa Anda tinggal tidur, saat bangun, segera bersihkan rambut dengan sisir khusus kutu. Langkah terakhir bilas rambut dengan air bersih.
  • Bawang Merah. Rempah ini biasa digunakan untuk membersihkan telur kutu rambut dan kutu dewasa yang menetap di kepala. Selain murah, mudah, juga aman untuk penggunaan bawang merah tanpa efek samping. Cara penggunaannya adalah siapkan 4 bawang merah. Haluskan menggunakan blender agar lebih cepat. Peras bawang merah yang telah dihaluskan. Oleskan pada seluruh bagian rambut, mulai ujung rambut hingga ke kulit kepala. Tutup rambut menggunakan handuk basah selama lebih kurang 2 jam. Kemudian sisir menggunakan sisir khusus kutu rambut untuk mengankat kutu rambut dan telurnya.
  • Minyak Kelapa. Minyak kelapa sejak dulu telah dimanfaatkan untuk menghilangkan kutu rambut. Cara penggunaan bahan ini dengan mengoleskan secara merata minyak kelapa pada rambut. Pijat hingga ke kulit kepala agar minyak kelapa rata menyeluruh. Tutup rambut menggunakan shower cap. Pada pagi hari, bilas rambut dengan keramas serta jangan lupa angkat kutu rambut yang mati serta telur yang menempel dengan menggunakan sisir khusus kutu.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY