Bahan Alami untuk Penderita Eczema

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Eczema atau Eksim merupakan reaksi alergi terhadap kulit, ditandai dengan timbulnya warna kemerahan dan rasa gatal. Eksim lebih sering menyerang orang-orang yang berbakat alergi. Jika tidak diobati mengakibatkan borok dan bisa menjalar ke kulit yang belum terinfeksi. Eksim dibedakan menjadi dua, yaitu eksim kering dan eksim basah. Daerah yang sering terjangkit penyakit eksim adalah sela-sela jari tangan atau kaki, sela paha, belakang lutut, pergelangan tangan, dan daerah sekitar leher. Penyakit eksim sering terjadi secara berulang-ulang atau kambuh.

Eksim dapat timbul karena kulit alergi terhadap zat-zat tertentu, seperti kosmetik, perhiasan imitasi, deterjen, sabun atau bahan- bahan kimia lainnya. Alergi terhadap makanan tertentu, seperti ikan laut, susu dan alkohol juga bisa mengakibatkan eksim. Begitu juga dengan rangsangan suhu yang ekstrim dan stres.

Gejala dan tanda-tanda yang umumnya muncul jika terserang eksim adalah kulit yang terkena eksim terasa gatal dan panas, terutama terjadi pada malam hari. Pada eksim basah, kulit tampak melepuh merah, bengkak, basah, dan timbul bintil-bintil yang mengandung air atau nanah. Pada eksim kering, tampak kulit bersisik keras, mengeropeng, dan kemerah-merahan.

Perawatan yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi gejala atau menghilangkannya adalah dengan jangan menggaruk eksim karena dapat mengakibatkan infeksi, hindari bahan-bahan, makanan, atau hal-hal yang dapat meyebabkan alergi, hindari penggunaan sabun pada daerah yang terkena eksim dan usahakan tidak sering terkena air. Jika mandi, gunakan air yang hangat, dan pakai-pakaian yang bersih, menyerap keringat dan tidak ketat.

Bahan alami untuk pengobatan masih dianggap yang paling baik karena tidak mengnadung bahan kimia yang berbahaya, dalam pengobatan eksim pun dapat menggunakan bahan-bahan alami, yang diracik sedemikian rupa agar dapat menyembuhkan eksim, berikut adalah obat tradisional untuk penyakit eksim:

  • Obat tradisional 1. Siapkan daun ketepeng cina secukupnya lalu cuci dan haluskan, kemudian tambahkan setengah sendok belerang dan 1 sendok minyak zaitun. Aduk hingga rata dan panaskan sebentar. Setelah itu oleskan pada bagian yang terkena eksim.
  • Obat tradisional 2. Cuci bersih krokot secukupnya lalu kupas kunyit yang tua secukupnya, setelah itu tumbuk hingga halus dan tambahkan 1 sendok kapur sirih lalu aduk. Cara penggunaannya dapat dioleskan pada kulit yang terkena eksim.
  • Obat tradisional 3. Kupas lidah buaya secukupnya, ambil dagingnya dan haluskan. Tambahkan bubuk sambiloto secukupnya aduk hingga rata, lalu tempelkan pada kulit yang eksim.
  • Obat tradisional 4. Sediakan daun petai china 1 genggam, kapur sirih 2 sendok makan kemudian remas sampai hancur tambahkan sedikit garam, setelah itu ramuan tersebut ditempelkan pada bagian kulit yang terkena eksim. Balut dengan kain pembalut, lakukan setiap hari sampai sembuh.
  • Obat tradisional 5. Siapkan 1 genggam daun kayu putih segar, kemudian cuci lalu rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, setelah sedikit dingin air rebusan daun kayu putih itu dipakai untuk mencuci bagian kulit yang terkena eksim.
  • Obat tradisional 6. Sedangkan untuk pemakaian dari dalam (ramuan yang diminum). Siapkan temulawak 30g lalu potong-potong dan sambiloto 10g, pegagan 15g, cuci bersih semua bahan tersebut kemudian rebus dengan 600 cc air sampai tersisa 300cc tambahkan gula aren secukupnya, saring dan minum obat tradisional ini 2 kali sehari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY