Bahan Alami untuk Penyakit Hidrokel

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Hidrokel adalah terkumpulnya cairan di sekeliling testis (buah zakar) di dalam skrotum, yang umumnya tidak sakit dan tidak berbahaya. Hidrokel umumnya terjadi pada bayi yang baru lahir. Ini merupakan kondisi yang cukup umum, dan dialami oleh sekitar 1 hingga 2% dari anak laki-laki. Kasus hidrokel pada wanita mamang ada, namun sangatlah jarang. Kantung cairan ini bisa membuat skrotum (kantung buah zakar) membengkak dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Hidrokel tidak sama dengan infeksi testis, namun infeksi testis bisa menjadi penyebab munculnya hidrokel. Infeksi testis bisa terasa sangat nyeri dan harus diobati karena bisa meningkatkan risiko kemandulan sedangkan hidrokel tidak menimbulkan dampak terhadap kesuburan.

Testis atau buah zakar adalah bagian dari sistem reproduksi pria yang bertugas menghasilkan sperma dan hormon testosteron. Sepasang testis ini menggantung dibawah penis dalam dua lapis kantung yang disebut prosesus vaginlis dan skrotum. Hidrokel umumnya terbentuk di dalam prosesus vaginalis. Pria dewasa menderita hidrokel biasanya merasa tak nyaman karena membangkaknya ukuran skrotum, dan bobotnya juga semakin berat.

Indikasi hidrokel adalah terjadinya pembengkakan atau pembesaran skrotum tetapi tidak terasa sakit. Pembengkakan tersebut menandakan terkumpulnya cairan di sekitar salah satu atau kedua testis. Rasa nyeri atau tidak nyaman yang ditimbulkan oleh hidrokel biasanya berkaitan dengan ukurannya. Semakin besar ukurannya, semakin menimbulkan rasa tidak nyaman. Hidrokel cenderung berukuran lebih kecil di pagi hari sesudah bangun tidur, dan semakin membengkak ketika hari semakin siang.

Di sebagian besar kasus, hidrokel tidak menyebabkan munculnya gejala dan cenderung hilang dengan sendirinya, tanpa diberi pengobatan. Hidrokel yang membandel biasanya harus diatasi dengan operasi, walaupun Anda juga bisa menggunakan beberapa pengobatan rumah. Beberapa pengobatan dirumah tersebut berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati hidrokel:

  • Garam magnesium dan glisero. Tak ada salahnya Anda mencoba membalut skrotum dengan campuran garam magnesium dan gliserol. Membalut penis dengan cara mengatasi hidrokel ini diketahui mampu memberikan efek lebih lega dan mengurangi pembengkakan pada skrotum. Caranya dengan mencampurkan garam magnesium dan glisero, lalu membalurkannya ke skrotum, untuk mempertahankan posisi olesan tersebut, tutupi skrotum menggunakan kain kasa. Cara ini dapat dilakukan secara rutin setiap malam, sebelum Anda tidur. Perlu dicatat bahwa tindakan ini harus dihindari jika Anda mengalami ruam. Bersihkan skrotum dari ramuan baluran dengan air bersih dan hentikan penanganan secara alami tersebut. Catatan penting pula pada saat mengatasi hidrokel dengan cara ini, jangan sering berjalan saat skrotum dibalut.
  • Mengkudu. Buah ini mengandung banyak sekali senyawa antioksidan yang memiliki peran sangat penting dalam memerangi radikal bebas yang terparangkap dalam tubuh. Pengobatan hidrokel juga sangat memerlukan peran dari zat antioksidan ini.

Penyakit hidrokel ini diketahui tidak berpengaruh pada kesuburan tetapu meskipun begitu segera pergi ke dokter apabila hidrokel pada pria dewasa tidak hilang atau tidak kunjung membaik selama lebih lebih dari 6 bulan, atau jika besarnya ukuran hidrokel menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman. Segera pergi ke dokter apabila hidrokel telah menggangu aktivitas lari, berjalan, atau duduk Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY