Bahan Alami untuk Penyakit Polip Hidung

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan pada saluran pernapasan hidung atau pada sinus. Polip adalah jaringan yang lembut, tidak terasa sakit dan tidak bersifat kanker. Polip memiliki bentuk seperti anggur yang tergantung pada batangnya. Sinus sendiri adalah lubang-lubang kecil berisi udara yang ada di sekitar tulang wajah.

Polip yang sudah berukuran besar bisa menyumbat saluran hidung. Ini bisa menyebabkan munculnya gejala polip seperti hidung tersumbat, hidung berair, kesulitan bernapas, gangguan pada indera penciuman dan indera perasa. Sedangkan polip berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Polip tidak meningkatkan risiko penderitanya untuk menderita kanker hidung.

Polip hidung juga dapat menimbulkan beberapa komplikasi dari penyakit ini yang anatara lain adalah gangguan tidur atau susah tidur yang bersifat obstruktif bahkan dalam keadaan yang lebih serius lagi, Anda biasanya akan mengalami berhenti dan akan bernapas lagi saat sedang tidur. Kemudian mengalami penyakit asma, penyakit rhinosinusitis kronis akan bisa memicu terjadinya penyakit asma. Mengalami infeksi pada sinus. Penyakit polip hidung yang bisa mengakibatkan pasien menjadi lebih beresiko mengalami infeksi pada sinus yang biasanya sering terjadi yang menyebabkan kondisi menjadi lebih kronis lagi. Adanya penyebaran pada infeksi ke rongga mata Anda. Jika infeksi ini semakin menyebar ke darah ronga mata, maka akan menimbulkan suatu masalah seperti pembenagkakan atau juga munculnya benjoan dibagian mata, seterusnya adalah meningitis, ini merupakan infeksi yang menyebar ke daerah selaput otak dan cairan yang ada di sekitar otak serta pada bagian sumsum tulang belakang.

Hingga kini, penyebab dasar tumbuhnya polip belum diketahui. Pertumbuhan polip diduga adalah hasil dari inflamasi akibat alergi, infeksi, asma atau kelainan sistem kekebalan tertentu. Polip hidung bisa memengaruhi siapa saja, tapi lebih cenderung terjadi pada orang dewasa. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko menderita polip hidung adalah intoleransi terhadap aspirin, sindrom Churg Strauss, alergi rhinitis, sinusitis, dan fibrosis kistik. Faktor genetika juga diperkirakan berperan dalam pertumbuhan polip. Seorang anak akan lebih berisiko mengalami polip hidung jika orang tuanya memiliki polip.

Bahan alami dipercaya sebagai langkah pengobatan yang cenderung aman karena tidak menggunakan obat-obatan yang mengandung banyak bahan kimia, selain menggunakan cara medis untuk menyembuhkan penyakit hidung ini namun ada beberapa bahan alami yang sering ditemu yang ternyata mempunyai manfaat untuk pengobatan Polip hidung, beberapa bahan alami yang dapat digunakan antara lain adalah:

  • Kunyit. Kunyit bisa di buat untuk menyembuhkan polip hidung, karena polip hidung bisa diatasi dengan menggunakan minum air rebusan kunyit yang dicampur dengan daun cakar ayam dan juga dengan menggunakan rumput mutiara. Jika ingin sembuh dengan cepat maka sebaik nya mengkonsumsi obat polip hidung secara teratur.
  • Sambiloto. Sambiloto bisa juga membantu menyembuhkan penyakit polip hidung dengan di buat menjadi obat polip hidung. Sambiloto bisa di gunakan dengan cara di rebus untuk di gunakan menjadi obat sambiloto yang di minum secara teratur.
  • Jeruk nipis. Jika ingin menggunakan jeruk nipis untuk menjadi obat polip hidung dengan mencampurkan jeruk nipis dengan daun sirih, cengkeh, dan juga daun sereh yang di rebus secara maksimal.
  • Madu. Menggunakan obat polip hidung dari madu yang di konsumsi.

Namun, jika Polip hidung yang dialami sudah semakin parah dan semakin kesulitan untuk bernfas, maka akan di lakukan operasi untuk pengobatan medis. Sehingga polip hidung akan di angkat. Karena jika semakin di diamkan lama kelamaan akan berbahaya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY