Bahan Alami untuk Radang Amandel

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Amandel (tonsil) yang merupakan dua kelenjar getah bening yang terletak di setiap sisi bagian belakang tenggorokan, berfungsi sebagai mekanisme pertahanan dan perlindungan dari infeksi. Terlalu sering terpapar virus dan bakteri dari lingkungan dapat menyebabkan radang amandel (tonsillitis). Keparahan radang amandel bervariasi. Namun, gejala umum radang amandel meliputi sakit tenggorokan, demam, pembengkakan amandel, kesulitan menelan, pilek, sakit kepala, bau mulut, batuk dan bersin. Gejala radang amandel biasanya membaik dalam 3-4 hari tanpa pengobatan khusus. Karena gejalanya tentu akan mengganggu, beberapa bahan alami berikut ini dapat Anda gunakan untuk mempercepat penyembuhan radang amandel:

  • Garam. Salah satu cara sederhana dan efektif meredakan ketidaknyamanan radang amandel adalah dengan berkumur air hangat yang telah dicampur dengan garam. Air hangat memberikan efek menenangkan, sementara garam membantu memberantas virus atau bakteri dalam mulut. Selain itu, garam juga membantu mengurangi peradangan sehingga dapat membantu mempercepat pemulihan. Terapi dengan air garam ini dapat dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga Anda merasa baikan.
  • Lemon. Lemon memiliki sifat antibakteri, antivirus dan antiradang. Selain itu, lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Berkat kandungan luar biasanya yang dimilikinya, lemon dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Untuk meredakan radang amandel, minumlah segelas air hangat yang telah diberi perasan lemon ditambah sedikit garam dan satu sendok teh madu, dua kali sehari selama beberapa hari.
  • Basil. Basil memiliki sifat antivirus dan antiradang. Inilah yang membuat basil dapat dijadikan sebagai obat rumahan yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit serta mempercepat proses penyembuhan radang amandel. Caranya, rebus 10 sampai 12 daun basil dalam satu setengah gelas air selama 10 menit, kemudian saring airnya. Minum air rebusan basil tersebut tiga kali sehari selama dua sampai tiga hari. Untuk menambah rasa, Anda bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalamnya.
  • Kunyit. Kunyit memang menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk meredakan radang amandel. Kandungan senyawa antiradang dan antiseptik dalam kunyit dapat membantu mengatasi infeksi pada amandel dengan mengurangi ketidaknyamanan akibatnya. Agar peradangan dan nyeri pada amandel cepat mereda, campurkan satu sendok teh bubuk kunyit dengan segelas air panas atau air garam. Kemudian, gunakan larutan kunyit tersebut untuk berkumur beberapa kali sehari, dan terutama sebelum tidur.
  • Kayu manis. Selain untuk bahan kue, kayu manis juga dapat digunakan untuk mengobati radang amandel. Kayu manis memiliki senyawa antimikroba sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme serta membantu mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan pada amandel. Cukup campurkan satu sendok teh bubuk kayu manis untuk segelas air panas, dapat pula ditambah madu. Minum perlahan selagi masih hangat. Untuk hasil optimal, teh kayu manis ini sebaiknya diminum dua atau tiga kali sehari selama satu minggu.
  • Teh hitam. Teh hitam kaya akan kandungan tannin yang memiliki sifat antibakteri, antivirus dan antiradang. Senyawa tersebut dapat membantu mengatasi infeksi dan memberikan bantuan cepat dalam meredakan rasa sakit dan pembengkakan akibat radang amandel. Caranya, cukup seduh teh hitam dan minum tiga cangkir sehari, atau gunakan air seduhan teh hitam tersebut sebagai obat kumur (dua kali setiap hari).
  • Jahe. Jahe kaya akan manfaat obat. Dalam pemulihan radang amandel, air jahe dapat membantu mengatasi infeksi dengan meringankan rasa sakit dan pembengkakan pada amandel dengan cepat. Air jahe sebaiknya dikonsumsi tiga kali sehari sampai Anda merasa baikan dan

Bila bahan alami tersebut tidak terlalu membantu, sebaiknya segera periksakan kondisi amandel Anda ke dokter, terutama bila sakit tenggorokan tidak hilang dalam tiga hari, nyeri atau sakit saat menelan, dan sulit bernapas.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY