Bahan Alami yang Baik Untuk Gusi

blogspot.com

SehatFresh.com – Gigi dan gusi yang sehat tidak hanya menunjang senyum yang menawan, tapi juga menjadi indikator kesehatan secara keseluruhan. Sayangnya, banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah gusi seperti radang gusi (gingivitis). Padahal, bau mulut juga merupakan tanda gusi tidak sehat. Masalah semacam ini umumnya timbul akibat penumpukan plak di gusi yang tidak dibersihkan, sehingga gusi menjadi meradang dan kemudian muncul tanda peradangan seperti bengkak, kemerahan dan pendarahan pada gusi.

Selain praktek kebersihan mulut yang benar, makanan juga berpengaruh terhadap kondisi gigi dan gusi. Secara umum, konsumsi buah dan sayuran sebagai bagian dari menu diet seimbang sangat menunjang kesehatan gigi dan gusi. Selain makanan yang umum dikonsumsi sehari-hari, ada sejumlah bahan alami tertentu yang secara khusus dapat dijadikan sebagai bagian dari perawatan harian untuk membantu gusi tetap sehat, yaitu:

  • Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan senyawa utama untuk antioksidan, antivirus, antibakteri dan antiradang. Senyawa tersebut dapat membantu menjaga kesehatan gusi dan gigi serta memberikan perlindungan dari serangan bakteri. Oleh karenanya, kunyit dapat secara efektif mengendalikan plak dan mencegah timbulnya radang gusi. Untuk memperoleh manfaat ini, Anda dapat mencampurkan sedikit air dengan sedikit bubuk kunyit hingga membentuk pasta. Kemudian, sikatlah gigi dengan pasta kunyit tersebut beberapa kali dalam seminggu.
  • Daun jambu biji. Daun jambu biji merupakan bahan yang efektif untuk pengobatan penyakit periodontal. Ini karena daun jambu biji memiliki sifat antiplak, antimikroba, anti-inflamasi dan antioksidan, sehingga dapat membantu menjaga kekuatan gigi dan gusi. Bagaimana caranya? Setelah dicuci bersih, kunyah beberapa lembar daun jambu biji hingga halus, kemudian ludahkan dan berkumurlah dengan air bersih. Cara lainnya adalah dengan menjadikannya sebagai obat kumur. Cukup rebus 4-6 lembar daun jambu biji dalam satu cangkir air sekitar satu menit, kemudian saring airnya dan biarkan dingin. Air rebusan tersebut dapat dijadikan sebagai obat kumur setiap hari.
  • Lidah buaya. Lidah buaya menawarkan berbagai manfaat untuk Salah satunya, lidah buaya dapat digunakan untuk membersihkan serta menenangkan gigi dan gusi. Sejumlah riset telah menunjukkan bahwa lidah buaya terbukti menjadi obat kumur yang efektif karena kemampuannya dalam mengurangi indeks periodontal. Cara menggunakan lidah buaya untuk memperoleh manfaat ini adalah dengan berkumur atau sikat gigi dengan gel atau lendir tumbuhan tersebut. Lakukan perawatan menyikat atau berkumur dengan lidah buaya ini setiap pagi dan malam, selama tiga hingga lima menit.
  • Teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan katekin, yang salah satu manfaatnya dapat memperkuat ikatan gusi dan gigi, sehingga dapat membantu mencegah penyakit gigi dan gusi. Jika sudah terlanjur memiliki masalah rongga mulut, teh hija juga dapat membantu meredakannya. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, cukup minum secangkir teh hijau tanpa gula setiap hari.
  • Jus cranberry. Riset telah menunjukkan bahwa ada korelasi antara asupan vitamin C yang rendah dan risiko penyakit periodontal yang lebih tinggi. Jus cranberry memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Minum jus cranberry setiap hari dapat membantu mencegah bakteri menempel pada gigi. Akan sangat baik pula bila disertai konsumsi buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C lainnya, seperti lemon, jeruk, grapefruit, blueberry, anggur, stroberi, pepaya, paprika merah dan brokoli.
  • Cengkeh. Tidak hanya bermanfaat sebagai penambah cita rasa makanan, cengkeh juga ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan rongga mulut. Cengkeh mengandung senyawa antiradang dan antibakteri yang dapat membantu memerangi infeksi yang menyebabkan kerusakan gigi dan gusi. Selain itu, cengkeh juga memiliki sifat anestesi yang diyakini dapat membantu mengurangi sensasi nyeri akibat sakit gigi. Ketika gigi atau gusi bermasalah, Anda dapat menuangkan minyak cengkeh ke kapas kecil atau cotton bud, lalu oleskan ke gusi dan gigi yang sakit. Untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi, cengkeh dapat ditambahkan ke dalam teh favorit Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY