Bahan Alami yang Cocok Dikonsumsi saat Puasa Agar Tetap Fit

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Seperti yang diketahui jika selama menjalani ibadah puasa tubuh tidak mendapatkan cairan atau makanan kurang lebih sekitar 14 jam. Alhasil sangat penting bagi seseorang untuk lebih memperhatikan pola tidur dan pola makan selama melaksanakan ibadah puasa.

Seseorang dalam menjalani ibadah puasa sebulan lamanya harus mendapatkan karbohidrat, vitamin, mineral, protein, dan nutrisi yang cukup. Hal itu bisa didapat dari makanan empat sehat lima sempurna. Misalnya saja nasi sebagai sumber karbohidrat, sayur sumber nutrisi, lauk-pauk sumber protein, buah-buahan sumber vitamin dan susu sumber kalsium.

Kenyataannya ketika berpuasa, seseorang justru mengabaikan makanan yang dipilih. Umunya makanan yang dikonsumsi hanya yang mengenyangkan, padahal tubuh sangat membutuhkan nutrisi. Berikut ini beberapa bahan alami yang cocok dikonsumsi saat puasa dalam menjaga tubuh agar tetap fit.

Bahan alami yang bersumber dari aneka sayuran hijau

Setidaknya ada tiga sayuran yang mudah dijumpai dan memiliki khasiatnya yang luar biasa bagi tubuh. Tiga bahan alami tersebut adalah wortel, bayam dan brokoli. Ketiga sayuran itu juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dan vitamin B yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Ketiga sayuran tersebut juga bisa diolah ke dalam berbagai menu makanan mulai dari tumisan, jus, atau salad.

Bahan alami yang bersumber dari ikan-ikanan atau daging merah

Mengonsumsi bahan alami daging merah atau ikan bisa dilakukan oleh seseorang yang sedang menjalani ibadah puasa guna memenuhi kebutuhan protein. Khusus daging merah, pilihlah bagian yang tidak terlalu banyak mengandung lemak. Tujuannya agar jumlah kalori dalam tubuh bisa terkontrol.

Bahan alami yang bersumber dari susu

Susu merupakan sumber kalsium yang cukup baik bagi tubuh manusia. Susu juga mempunyai manfaat dalam mencegah resiko tekanan darah tinggi. Hal tersebut disebabkan kalsium dapat mencegah penggumpalan darah, menjaga kestabilan detak jantung, hingga membantu kelancaran penyampaian impuls syaraf.

Bahan alami yang bersumber dari buah-buahan segar

Seperti yang diketahui jika buah-buahan memberikan nutrisi yang melimpah, seperti mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Buah-buahan alami yang dapat dimanfaatkan dalam membantu menjaga stamina tubuh seperti jeruk, jambu, apel, semangka, nanas, atau melon. Mengonsumsi buah-buahan secara rutin dapat membantu dalam membantu metabolisme dalam tubuh.

Bahan alami yang bersumber dari beras merah

Siapa sangka jika nasi merah mempunyai serat yang cukup tinggi, sehingga lebih rendah gula apabila dibandingan dengan nasi putih. Seseorang yang mengkonsumsi nasi merah akan membuat rasa kenyang lebih lama, sekaligus bisa untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh. Nasi merah sangat cocok dikonsumsi ketika berbuka puasa atau pada saat sahur.

Bahan alami yang bersumber dari kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga sangat bermanfaat bagi tubuh. Kacang-kacangan menjadi sumber protein yang gampang dicerna, sekaligus tidak membuat kaget organ tubuh saat dikonsumsi ketika berpuasa. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here