Bahan-Bahan Alami Penghilang Panu

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi pembaca yang punya masalah panu di kulit, informasi berikut ini layak untuk disimak. Panu terkadang sering muncul di area sekitar leher, tangan, wajah, bahu hingga punggung. Lantas apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan panu?

Penyakit panu disebabkan oleh jamur yang bernama Candida Albicans. Gejala panu umumnya diawali dengan timbul bercak putih di kulit, apabila tidak segera di atasi maka bisa berdampak buruk. Pasalnya penyakit panu bersifat menular, sehingga dapat terus menjalar ke bagian tubuh lainnya.

Penderita panu juga akan menghadapi masalah karena biasanya menyebabkan gatal, terlebih ketika berkeringat. Lantas apa sebenarnya faktor penyebab yang dapat merangsang munculnya penyakit panu di tubuh?

  1. Suhu udara yang terlalu lembab. Panu dikulit bisa muncul karena suhu udara yang terlalu lembab, sehingga baju akan meredam keringat dan menyebabkan jamur panu.
  2. Suhu udara yang terlalu panas. Selain suhu yang terlalu lembab, suhu yang terlalu panas juga bisa membuat keluarnya keringat. Hal itu menyebabkan baju akan meredam keringat, sehingga menimbulkan jamur panu.
  3. Sering berada di bawah sinar matahari langsung. Kondisi ini juga bisa menyebabkan jamur panu berkembang.
  4. Sering menggunakan handuk orang lain. Menggunakan handuk orang lain bisa menyebabkan potensi tertularnya penyakit kulit.
  5. Terjadi gesekan yang sesama kulit. Hal ini bisa saja terjadi pada orang gemuk, seperti gesekan antara bagian paha.
  6. Keringat yang berlebihan. Seseorang saat berolahraga biasanya mengeluarkan keringat yang berlebihan, sehingga mempengaruhi berkembangnya jamur panu.

Di atas hanya sebagian kecil penyebab terjadinya panu. Bagi yang telah terkena penyakit ini, tentu perlu melakukan tindakan agar jamur panu tidak menyebar. Selain ada obat kimia, ada pula bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi panu di kulit.

Hilangkan panu dengan bawang putih

Bawang putih sudah dipercaya memiliki manfaat luar biasa untuk menghilangkan penyakit kulit atau alergi. Hal itu dikarenakan bawah putih memiliki senyawa anti bakteri yang dapat membasmi jamur serta kumanpada kulit. Lantas bagaimana cara penggunaannya?

Ambil 1 siung bawang putih, lantas dipotong menjadi dua bagian. Gosok bagian dalam bawang putih di area kulit yang terdapat panu hingga agak memerah. Lakukan secara berulang-ulang, hingga bakteri jamur panu mati.

Hilangkan panu dengan garam dan lengkuas

Seperti yang diketahui jika lengkuas memiliki senyawa amilum, kuersetin serta flavonoid. Ketiganya bermanfaat untuk mengatasi jamur dan bakteri. Lengkuas juga sudah sering dimanfaatkan untuk menghilangkan panu. Lantas bagaimana cara pemakaiannya?

Ambilah 1 lengkuas untuk dibelah. Kemudian bagian belahan lengkuas digosokan ke kulit yang terdapat panu. Agar hasil lebih optimal bisa menaburkan garam sedikit pada belahan lengkuas tadi. Gosok kulit yang terkena panu hingga agak memerah. Lakukan setidaknya tiga kali dalam 1 hari, hingga panu menghilang.

Hilangkan panu dengan kapur sirih dan belimbing wuluh

Campuran kapur sirih dengan belimbing wuluh adalah bahan yang ampuh guna menghilangkan jamur dan panu. Caranya tumbuk halus belimbing wuluh, lantas campurkan dengan kapur sirih secukupnya. Kemudian oleskan pada kulit yang terserang panu secara merata. Apabila sudah kering, bilas dengan air bersih. Lakukan langkah tersebut hingga panu hilang.

Hilangkan panu dengan belerang dan jeruk nipis

Kandungan mineral di belerang dan vitamin C pada jeruk nipis, bisa dimanfaatkan untuk membasmi jamur panu di kulit. Caranya tumbuk halus belerang lantas dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Kemudian aduk rata campuran tersebut dan oleskan pada kulit yang terkena panu. Lakukan langkah ini 2-3 kali hingga panu hilang. (APt)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY