Bahan-bahan Alami untuk Mengatasi Cantengan, Wajib Baca!

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Cantengan merupakan hal yang sangat mengganggu bagi banyak orang, penyakit ini tidak mematikan, tidak juga menular. Namun, orang yang mengalami cantengan akan merasa sangat sakit dibagian kukunya hingga kadang tidak bisa berjalan. Untuk kondisi cantengan yang parah, biasanya kuku akan dicabut oleh dokter, apabila tidak mempan diberi cream. Cantengan biasanya terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan kuku, jarang mengganti kaos kaki, memakai sepatu yang kesempitan, dan  terlalu dalam menggunting kuku, hingga kuku infeksi dan timbullah cantengan.  Namun, sebelum pergi ke dokter, ada baiknya kamu mencoba beberapa bahan alami ini yang diduga ampuh mengatasi masalah cantengan, seperti:

  1. Menggunakan Rendaman Air Hangat Dan Garam

Air hangat diduga ampuh untuk mengobati cantengan yang baru tumbuh, jangan lupa untuk memberikan garam pada rendaman air hangat. Garam terbukti ampuh untuk membunuh bakteri nakal yang bersemayam di area cantengan anda. Rendam kaki anda selama 15-20 menit setiap hari.

  1. Menggunakan Daun Pacar Kuku

Tidak hanya namanya, ternyata khasiat daun pacar kuku juga ampuh mengatasi penyakit cantengan pada kuku anda. Caranya cukup mudah, anda dapat mengambil beberapa helai daun pacar kuku, sedikit gula merah dan satu sendok jeruk nipis. Haluskan semua bahan dan pakaikan pada kuku yang terkena cantengan. Apabila anda sedang beraktifitas, maka gunakanlah kain kassa untuk membalut kuku anda agar ramuan pacar kuku tidak berserakan dimana-mana.

  1. Menggunakan Daun Dan Batang Tempuh Wiyang

Daun dan batang tempuh wilayah yang ada dibelakang rumah anda, ternyata efektif mengobati cantengan yang meradang. Caranya, ambil daun dan batang tempuh wilayah secukupnya, beri satu sendok gula pasir dan haluskan. Jangan lupa ramuan yang sudah dibubuhkan diatas cantengan anda dibalut dengan kain kasa, agar tidak mengganggu aktifitas anda.

  1. Menggunakan Jahe

Bumbu dapur yang biasa digunakan dalam berbagai masakan ini juga dapat menyembuhkan cantengan. Silakan anda mencoba ramuan ini dirumah. Caranya, parut jahe secukupnya, dan campurkan dengan sedikit minyak kelapa lalu oleskan diatas cantengan anda. Jangan lupa dibalut perban.

  1. Menggunakan Bawang Merah

Bawang merah sudah terkenal sebagai obat dari beberapa penyakit seperti, kanker, jantung dan kembung. Ternyata, dapat juga mengobati cantengan yang membandel. Caranya, siapkan bawang merah secukupnya lalu ditumbuk dan campurkan minyak kelapa. Lakukan pengobatan ini secara rutin.

  1. Menggunakan Daun Dewa

Pernah melihat daun dewa? Jika anda disekitar pekarangan rumah anda, silakan dicoba. Daun dewa dianggap efektif mengobati cantengan anda. Siapkan beberapa helai daun dewa, tumbuk halus, dan letakkan pada tempat cantengan bersarang. Gunakan secara rutin.

  1. Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel mengandung zat yang dapat menghambat infeksi. Teteskan cuka apel pada rendaman air hangat yang akan digunakan untuk merendam cantengan anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY