Bahan Bahaya Dalam Lipstik

SehatFresh.com – Kosmetik sudah tidak bisa dihindarkan lagi dari kaum wanita untuk membuat mereka terlihat cantik. Membuat wajah terlihat cantik tentu tidak lengkap rasanya tanpa membuat bibir terlihat lebih indah dengan polesan lipstik. Namun, sebaiknya Anda berhati-hati ketika menggunakan kosmetik ini. Pasalnya, penelitian telah mengungkap bahwa lipstik berwarna cerah ditemukan mengandung zat kimia yang berbahaya untuk kesehatan.

Berikut adalah beberapa bahan kimia berbahaya dalam lipstik yang bisa berefek buruk pada kesehatan :

  • Triclosan
    Triclosan merupakan agen anti-bakteri yang sering digunakan sebagai bahan pengawet dalam banyak produk lipstik. Para peneliti menemukan bahwa triclosan berkaitan dengan masalah pada otot dan jantung. Zat kimia ini juga dikhawatirkan bisa membuat bakteri kebal terhadap antibiotik.
  • Methylparaben

Di Eropa, penggunaan methylparaben sudah dilarang karena terbukti berkaitan dengan penyebab kanker. Merek yang kualitasnya rendah biasanya tidak mencantumkan persentase penggunaan bahan ini dalam lipstik. The Cosmetics Database memberi label bahan ini “high hazard” (bahaya tingkat tinggi).

  • Propylparaben

Satu golongan dengan methylparaben,  propylparaben dikategorikan “moderat hazard” (bahaya tingkat menengah) oleh The Cosmetics Database. Meski digolongkan moderat, bahan ini dapat mengiritasi kulit juga mata, atau bahkan lebih parah lagi dapat memicu reaksi keras pada mereka yang alergi. Penelitian mengungkap bahwa propylparaben dapat mengakibatkan gangguan hormon endokrin, kanker, dan gangguan yang disebabkan oleh racun lainnya.

  • Retinyl palmitate

Retinyl palmitate adalah bentuk sintetis dari vitamin A yang bisa jadi racun terutama untuk ibu hamil. Beberapa laporan penelitian mencurigai bahan ini berkaitan dengan masalah reproduksi hingga kanker.

  • Tocopheryl acetate

Tocopheryl acetate merupakan bahan yang banyak digunakan dalam berbagai jenis produk, termasuk lipstik, pelembab dan alas bedan. The Cosmetics Database memasukkan bahan ini dalam kategori bahaya tingkat menengah. Bahan ini dapat menyebabkan gatal-gatal, ruam merah karena iritasi, kulit bersisik, bintik-bintik gatal dan kulit melepuh.

  • Parafin
    Lipstik pada umumnya mengandung sedikit parafin. Seriring waktu, tubuh akan terkena paparan parafin yang cukup banyak jika Anda menggunakan lipstik berlebihan. Zat kimia ini bisa menyebabkan kerusakan pada enamel gigi dan menyebabkan karies gigi.

Menuurt Campaign for Safe Cosmetics, rata-rata wanita menggunakan 10 produk perawatan pribadi setiap hari, di mana hal tersebut membuat tubuh terpapar lebih dari 100 bahan kimia yang akan semakin terakumulasi seiring dengan waktu. Sebagai konsumen yang sadar kesehatan, kita dapat melindungi diri dengan memilih lipstik dan kosmetik lainnya yang tidak menggunakan bahan kimia. Untuk alternatif sehat, para ahli menyarankan untuk mencari lipstik, lipgloss atau lipbalm yang terbuat dari bahan-bahan botani atau berbasis mineral yang menyehatkan bibir dan berkontribusi untuk kecantikan alami Anda.

Sumber gambar : tentangwanita.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY