Bahan Makanan Alami Pereda Nyeri Sendi

SehatFresh.com – Pekerjaan dan aktivitas sehari-hari dapat menimbulkan nyeri sendi, otot, atau tulang. Olahraga berlebihan, aktivitas dengan gerak repetitif berlebihan hingga pemakaian sepatu hak tinggi dapat memicu peradangan pada sendi. Peradangan adalah respons alami tubuh terjadi cedera, tetapi kadang-kadang berlangsung lebih lama ketika tubuh dalam keadaan tertekan. Apa yang Anda makan dapat mengurangi atau memperburuk peradangan ini. Oleh karenanya, sebaiknya hindari makanan yang mengandung banyak lemak trans, karbohidrat olahan dan gula olahan, karena dapat merangsang peradangan lebih lanjut. Untuk meringankan nyeri otot dan sendi, pilihlah makanan alami yang mengandung banyak vitamin, mineral dan fitonutrien.

  • Makanan sumber antioksidan

Antioksidan melawan peradangan dengan cara membersihkan tubuh dari radikal bebas. Buah-buahan dan sayuran segar warna-warni banyak mengandung anti-oksidan yang berperan sebagai senyawa anti-inflamasi. Contohnya yang paling umum adalah blueberry, stroberi, buah jeruk, kale, bayam, paprika merah dan wortel. Ceri adalah sumber antioksidan lainnya yang telah diteliti dapat melawan nyeri sendi dan nyeri otot. Sebuah studi yang diterbitkan tahun 2013 dalam “Journal of Nutrition” menunjukkan bahwa peserta yang mengonsumsi ceri saat sarapan mengalami penurunan 25 persen pada tanda peradangan.

  • Ikan

Asam lemak omega-3 yang dikenal sebagai eicosapentaenoic acid dan docosahexaenoic acid, atau EPA dan DHA, diketahui dapat melawan nyeri sendi pada pasien arthritis sebaik beberapa obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, demikian menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam “Surgical Neurology”, pada tahun 2006. Salmon atau makarel adalah bahan makananan sumber asam lemak omega-3. Kapsul minyak ikan bisa menjadi alternatif bagi mereka yang memilih untuk tidak makan ikan. Namun, harus atas rekomendasi dokter.

  • Rempah-rempah

Rempah-rempah juga merupakan sumber antioksidan dan nutrisi lainnya yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan melawan rasa sakit. Columbia Health mencantumkan pala, jahe, cabai dan oregano sebagai rempah-rempah untuk kesehatan. Gingerol pada jahe membantu meringankan osteoarthritis dan dapat mengurangi rasa sakit pada otot lelah. Kunyit, yang mengandung senyawa yang disebut curcumin, dipercaya sejak zaman dulu untuk mengurangi rasa sakit. Analisis yang dipublikasikan pada tahun 2013 dalam jurnal “Biofactors” menyebutkan bahwa curcumin menghambat penyebaran sel-sel inflamasi dan mengurangi aktivitas sel-sel tersebut.

  • Lemak sehat

Lemak trans, sebagian besar ditemukan dalam makanan yang digoreng dan beberapa makanan ringan olahan, bisa memperburuk peradangan. Kendati demikian, pilihan lemak sehat dapat mengurangi nyeri sendi dan otot. Rami, minyak biji rami, kenari, alpukat dan minyak zaitun adalah beberapa contoh makanan dengan kandungan lemak sehat.

Sumber gambar : kutono.blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY