Bahan Makanan Penyebab Kanker

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit kanker merupakan penyakit penyebab kematian nomor 2 di Amerika Serikat. Fenomena yang terjadi di Indonesia yakni terdapat kecenderungan peningkatan jumlah penderita kanker dari tahun ke tahun. Kanker merupakan jenis penyakit dimana terdapat sel-sel asing yang tumbuh di dalam tubuh kita dan dapat mengganggu proses kerja sel-sel tubuh yang asli.

Sel-sel asing biasanya bergabung menjadi satu dan membentuk jaringan yang disebut dengan tumor. Tumor yang sudah tidak bisa dikendalikan lagi pertumbuhannya sudah dikatakan dengan kanker. Saat ini banyak jenis kanker yang dapat menyerang organ tubuh tertentu dan merupakan penyebab kematian. Diantaranya adalah kanker paru-paru, kanker payudara, kanker serviks (leher rahim), kanker usus besar, kanker kulit dan masih banyak jenis kanker lainnya.

Penyebab kanker biasanya tidak dapat diketahui secara pasti karena penyebab kanker dapat merupakan gabungan dari sekumpulan faktor genetik dan lingkungan yang meningkatkan resiko terjadinya kanker. Pada umumnya, kanker timbul karena paparan terhadap suatu karsinogen secara berkali-kali dan aditif pada dosis tertentu, tetapi pada keadaan tertentu dapat juga timbul dari dosis tunggal karsinogen.

Faktor-faktor yang menyebabkan kanker diantaranya adalah karena faktor genetik. Jenis kanker yang cenderung diturunkan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker indung telur, kanker kulit dan kanker usus besar. Sebagai contoh, risiko wanita untuk menderita kanker meningkat 1,5 s/d 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara.

Faktor kedua adalah karena faktor lingkungan, dimana banyak paparan asap rokok atau bahan-bahan kimia yang dapat menyebabkan terkena zat karsinogenik. Selain itu ada juga pengaruh sinar ultraviolet dari matahari.

Faktor lain yang dapat berasal dari diri kita sendiri (bukan genetik) adalah faktor pola makan. Makanan yang mengandung bahan kimia dapat menjadi penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Contoh jenis makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah:

  1. Makanan yang diasap dan diasamkan (dalam bentuk acar) meningkatkan resiko terjadinya kanker lambung.
  2. Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan berisiko lebih tinggi terhadap kanker kerongkongan.
  3. Zat pewarna makanan.
  4. Logam berat seperti merkuri yang sering terdapat pada makanan laut yang tercemar seperti: kerang dan ikan.
  5. Berbagai makanan (manis, tepung) yang diproses secara berlebihan.

Bahan makanan yang sering kita jumpai yakni ada produk daging olahan, makanan yang diolah cepat saji (fast food), makanan kalengan, buah atau sayur yang diberi peptisida, pemanis buatan, alkohol, ikan salmon, goreng-gorengan dan gula halus. Yang menjadi sorotan paling utama adalah makanan yang diolah dengan minyak tidak sehat yang digunakan berkali-kali.

Alkohol merupakan penyebab dari kerusakan hati lain yang dapat menimbulkan kanker hati. Jadi, sebagai masyarakat yang cerdas, ada baiknya kita menghindari makanan dan minuman yang tidak sehat agar terhindar dari bahaya kanker. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here