Bahaya Abses Gigi saat Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Abses gigi adalah sekumpulan nanah yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada bagian pusat (pulp) dalam gigi. Kondisi ini biasanya muncul sebagai akibat dari rongga gigi tidak diobati, adanya retakan atau serpihan pada gigi anda yang memungkinkan bakteri masuk ke dalam gigi bagian dalam. Hal ini dapat mengakibatkan gusi bengkak, sakit gigi atau keduanya.

Sebuah gigi abses dapat terjadi karena berbagai alasan dan penyebab, beberapa penyebab yang dapat menyebabkan abses saat hamil antara lain adalah kerusakan gigi, kerusakan gigi ringan sampai kerusakan gigi yang luas dapat menyebabkan infeksi parah di rongga mulut, infeksi dapat menyebabkan pembentukan abses pada gigi yang rusak. Kemudian bisa juga disebabkan oleh penyakit periodontal ini adalah kerusakan gusi yang parah dapat mengobarkan jaringan pendukung gigi dan dapat menyebabkan nanah dalam pulpa gigi, nanah dapat terakumulasi dalam pulpa dan dapat menyebabkan gigi abses. Sumbing atau rusak gigi juga dapat menyebabkan abses, celah di enamel gigi memungkinkan bakteri untuk menginfeksi pulp dan menginfeksi daerah.Infeksi pada jaringan pulpa akhirnya mengarah untuk menyelesaikan kerusakan pulp dan kemudian ke gigi bengkak.

Ada banyak gejala abses gigi saat hamil. Beberapa gejala umum yang mungkin Anda alami meliputi antara lain adalah sensitivitas gigi, sakit gigi, bengkak dibagian gusi, kelenjar leher, dan rahang, timbulnya bau yang tidak enak atau dan rasa pahit di mulut, dan demam.

Abses gigi pada saat hamil tidak boleh dianggap sepele, selama kehamilan tubuh Anda mengalami banyak perubahan hormonal. Perubahan ini dapat meningkatkan kemungkinan masalah gigi seperti kerusakan gigi dan penyakit gusi. Berikut adalah beberapa komplikasi kehamilan yang terjadi karena masalah gigi meliputi:

  • Risiko tinggi kelahiran prematur.
  • Berat lahir rendah pada bayi prematur.
  • Risiko tinggi masalah kesehatan pada bayi prematur.

Angina Ludwig ini adalah penyakit kegawatdaruratan karena terjadinya penyebaran infeksi secara difus prograsif dengan cepat yang menyebabkan timbulnya infeksi dan tumpukan nanah pada daerah rahang bawah kanan dan kiri, dan dagu, serta bawah lidah, yang dapat berlanjut menyebabkan gangguan jalan napas dengan gejala berupa perasaan tercekik dan sulit untuk bernapas secara secara cepat, penyakit ini merupakan infeksi yang berasal dari gigi akibat perjalaran pus dari abses periapikal jika keadaan ini terjadi pada masa kehamilan maka dapat membahayakan Anda dan kehamilan Anda.

Begitu besarnya dampak dari abses gigi pada saat hamil maka sebaiknya jika Anda mengalami sakit gigi ringan, jangan abaikan kejadian itu dan segera berkonsultasi dengan dokter kehamilan Anda dan dokter gigi Anda agar Anda segera dapat meminimalisir resiko yang kemungkinan dapat terjadi. Maka ada baiknya sebelum dan pada masa kehamilan Anda menjaga kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY