Bahaya Asam Lambung Naik saat Puasa Bagi Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Ibu hamil mendapatkan keistimewaan untuk tidak menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Akan tetapi seringkali ada beberapa ibu hamil yang tidak ingin kehilangan momen penting dalam berpuasa. Ibu hamil boleh saja berpuasa asalkan kondisi ibu dan janin sehat. Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kepada dokter kandungan sebelum menjalani ibadah puasa.

Puasa memang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh, namun hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan ibu hamil jika salah menerapkan pola hidup dan pola makan selama berpuasa. Hal yang seringkali terjadi adalah naiknya asam lambung. Meskipun penyakit ini umum di masyarakat, sebaiknya Anda tidak menganggap remeh jenis penyakit ini karena asam lambung kronis beresiko menyebabkan kanker tenggorokan.

Asam lambung atau heart burn bisa Anda kenali gejalanya, yaitu nyeri pada ulu hati, dada terasa terbakar, perut kembung, mual dan lain sebagainya. Asam lambung ringan pada ibu hamil masih bisa disembuhkan, dengan rentan waktu satu sampai satu setengah bulan. Sangat tidak dianjurkan untuk membeli obat maag atau asam lambung tanpa resep dari dokter. Karena ada beberapa obat asam lambung yang tidak cocok bagi ibu hamil dan bisa menyebabkan keguguran.

Penyakit asam lambung ringan yang dibiarkan terus menerus bisa menyebabkan dampak yang lebih buruk yaitu menimbulkan komplikasi seperti asma, radang pada tenggorokan, penyempitan saluran esophagus, dan kanker esophagus.

Produksi asam lambung yang tidak terkontrol dapat berakibat buruk bagi kesehatan janin, janin akan mengalami gangguan dalam tumbuh kembangnya di dalam kandungan. Parahnya asam lambung dapat menyebabkan bayi lahir cacat dan jika infeksi akibat asam lambung cukup parah bisa menyebabkan terjadinya keguguran.

Ibu hamil penderita maag harus terus menjaga pola makannya agar tepat tiga kali sehari dan jangan sampai perut kosong. Menghindari terjadinya naiknya asam lambung yang berlebih. Jika kondisi asam lambung ibu hamil cukup parah sebaiknya Anda tidak memaksakan diri untuk tetap menjalani puasa. Ikuti anjuran dokter demi keselamatan Anda dan calon buah hati Anda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY