Bahaya Bagi Wanita Tetap Berpuasa saat Menstruasi

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bulan ramadhan merupakan bulan dimana umat islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa selama kurang lebih 30 hari. Namun ada pengecualian bagi beberapa orang yang tidak apa-apa jika tidak berpuasa yaitu ibu hamil dan ibu menyusui serta orang yang sakit parah. Begitu juga bagi wanita yang sedang mengalami mentruasi. Wanita yang sedang menstruasi boleh tidak puasa dan menggantikan utangnya di hari lain.

Wanita yang menstruasi dianjurkan untuk tidak berpuasa dahulu karena berkaitan dengan kesehatan tubuhnya. Jika tetap puasa selama mentruasi maka akan berbahaya bagi kesehatan anda. Bahaya yang bisa terjadi bagi wanita yang tetap menjalankan puasa disaat menstruasi yaitu:

  1. Zat besi rendah dalam tubuh

Jika anda tetap berpuasa saat mentruasi anda bisa saja membuat kadar zat besi dalam tubuh rendah karena anda terus menerus mengeluarkan darah tapi anda tidak memenuhi kebutuhan nutrisi karena tidak makan. Padahal kekurangan zat besi itu berbahaya. Anda bisa merasa lemas, sakit pada dada, detak jantung yang lebih cepat, nafas pendek, pusing, kulit pucat, serta tangan dan kaki anda menjadi dingin.

  1. Terserang anemia

Bahaya lain yang dapat menyerang anda jika tetap puasa saat mentruasi yaitu anda akan mengalami anemia. Hal itu terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Jadi sebaiknya saat mentruasi jangan puasa dulu. Makan makanan yang bergizi dan bila perlu minum tambahan vitamin penambah darah untuk mencegah anemia.

  1. Tubuh kekurangan gizi

Selain kekurangan zat besi, tubuh anda juga akan kekurangan gizi. Pada saat mentruasi wanita dianjurkan menjaga asupan gizi agar tetap sehat meski mengeluarkan darah. Jika anda tetap puasa maka tubuh anda akan kekurangan gizi. Saran makanan yang baik untuk anda konsumsi saat metruasi yaitu seperti sayur dan buah-buahan, kacang-kacangan, daging, telur dan juga ikan.

  1. Meningkatkan peredaran darah ke rahim

Bahaya yang cukup penting harus dihindari yaitu adanya peningkatan peredaran darah ke rahim jika anda memaksakan diri tetap berpuasa saat mentruasi. Hal itu akan menyebabkan imunitas dalam tubuh berkurang. Sehingga sebaiknya ikuti anjuran allah SWT untuk tidak berpuasa dulu saat menstruasi.

Cukup bahaya jika anda tetap berpuasa saat menstruasi. Anda bisa saja merugikan kesehatan tubuh dan pada akhirnya tidak bisa melanjutkan puasa ramadhan anda karena sakit akibat tetap puasa saat mentruasi. Tentunya anda tidak mau melewatkan kesempatan puasa di hari lain saat anda sudah selesai mentruasi. Jadi agar bisa melanjutkan puasa, saat mentruasi jangan puasa dulu sehingga tubuh tetap sehat. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here