Bahaya Dan Resiko Menggunakan Kondom Bekas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Melakukan hubungan intim akan meningkatkan resiko kehamilan jika tidak menggunakan alat kontrasepsi baik berupa kondom, suntik, pil KB dan lain sebagainya. Pada kenyataannya tidak setiap orang yang melakukan hubungan intim tidak selamanya bermaksud untuk mengarah kepada kehamilan, sehingga untuk menghindari hal tersebut anda memerlukan pencegaha.

Penggunaan kondom merupakan salah satu alat pencegah kehamilan yang sangat mudah untuk di lakukan setiap pasangan. Kanyataan yang ada bahwa ada saja seseorang yang tidak memperhatikan keamanan penggunaan kondom dimana orang tersebut menggunakan kondom lebih satu kali dan bahkan berulang-ulang. Hal ini sering kali dilakukan oleh masyarakat.

Penggunaan kondom bekas itu memiliki resiko, jangan mencuci atau menggunakan kondom secara berulang-ulang. Dan harus menggunakan yang baru jika ingin memakainya. Hal ini di jelaskan karena berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan pada tahun 1995 dan 2011 menunjukan bahwa sekitar 1,4-3,3% respon mengaku menggunakan kondom secara berulang kali.

Kondom apabila digunakan dengan benar memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam mencegah kehamilan serta penyakit menular seksual. Akan tetapi apabila digunakan dengan kurang tepat maka akan beresiko menimbulkan berbagai bahaya. Berikut ini beberapa bahaya dan resiko pengunaan kondom berulang-ulang, antara lain :

  1. Mudah robek

Menurut Mens Health.com melansir bahwa pemakaian kondom bekas pakai dapat menimbulkan bahaya pada tingkat kebocoran yang tinggi sehingga resiko terjadinya kehamilan akan tinggi pula. Selain itu tabloit tersebut menjelaskan bahwa sekitar 75% pria melakukan hal tersebut dengan menggunakan kondom bekas pakai tanpa mengecek adanya tanda-tanda kebocoran.

Hal yang serupa disampaikan pula oleh seorang ahli epidemi di Divisi Pencegahan CDC yang bernama Elizabeth Torrone yang menjelaskan bahwa penggunaan kondom bekas pakai akan mengurangi efek perlindungan kondom akibat kerusakan, selip, atau kebocoran.

  1. Berkurangnya pelumas

Setiap kondom memiliki kandungan pelumas yang berfungsi agar anda dan pasangan tidak merasakan sakit pada saat berhubungan intim. Sehingga jika anda mencuci dan menggunakannya secara berulang kali maka pelumas di dalam kondom akan berkurang.

  1. Mengurangi efek pencegahan penyakit

Menggunakan kondom bukan berarti anda akan terbebas dari penularan penyakit menular seksual secara 100%, akan tetapi menggunakan kondom pada saat berhubungan intim dapat mengurangi resiko tertularnya penyakit menular seksual. Penggunaan kondom bekas pakai dapat mengurangi efek pencegahan penyakit.

  1. Bakteri dan infeksi

Kondom yang di cuci dan digunakan kembali akan meningkatkan penumpukan bakter. Hal ini tentunya akan membawa anda kepada suatu penyakit dan beresiko terjadinya infeksi. Alesan kenapa kondom di bungkus dengan steril dan hanya di gunakan sekali yaitu untuk menjaga kebersihannya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here