Bahaya dan Risiko Infeksi Jamur Vagina pada Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Infeksi jamur adalah salah satu jenis infeksi yang umum dialami oleh ibu hamil pada area vagina. Infeksi jamur ini biasanya mulai muncul saat kehamilan trimester kedua. Infeksi jamur vagina disebabkan karena adanya pertumbuhan jamur candida albicans dalam vagina yang melebihi kadar normal.

Selain melonjaknya pertumbuhan candida albicans, faktor lain yang dianggap menjadi penyebab infeksi jamur vagina pada kehamilan yaitu peningkatan kadar estrogen. Meningkatnya kadar hormon estrogen saat hamil berkontribusi dalam infeksi jamur vagina karena hal itu menyebabkan vagina memproduksi banyak glikogen yang membuat jamur mudah berkembang di vagina. Konsumsi obat-obatan seperti antibiotik, steroid, pil hormon juga bisa menyebabkan infeksi jamur vagina saat hamil.

Jika ibu hamil mengalami infeksi jamur pada vaginanya maka akan muncul gejala seperti rasa gatal, nyeri, vagina berwarna kemerahan dan membengkak, rasa terbakar pada vagina, vagina mengeluarkan cairan kental berwarna putih namun tidak berbau serta merasa sakit saat buang air kecil.

Lalu bahayakah jika ibu hamil mengalami infeksi jamur pada vagina? Aman atau bahaya tergantung pada masing-masing individunya. Jika membiarkan infeksi jamur yang dialaminya maka bisa saja berisiko pada ibu hamil dan janinnya. Sedangkan bagi ibu hamil yang segera menangani infeksi jamur yang dialaminya maka tidak akan berbahaya bagi keadaan ibu hamil, namun ada kemungkinan tetap akan berbahaya bagi kondisi janin. Oleh karena itu sebaiknya segera obati infeksi jamur tersebut agar tidak berbahaya.

Saat mencari atau menggunakan obat untuk mengatasi infeksi jamur vagina saat hamil. Anda tidak boleh sembarangan dengan bebas membeli obat yang tersedia di pasaran. Sebab bisa saja obat yang anda gunakan tidak cocok terhadap infeksi jamur vagina yang anda alami. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sehingga anda tidak salah konsumsi obat yang berujung pada komplikasi yang lebih bahaya lagi.

Risiko Infeksi Jamur Vagina Saat Hamil

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa mungkin infeksi jamur pada vagina tidak membahayakan kondisi ibu hamil. Namun tetap ada risiko yang ditimbulkan dari infeksi jamur vagina pada janin. Risiko yang didapatkan janin dari infeksi jamur vagina yang dialami ibu hamil yaitu:

  • Sariawan pada bayi saat dilahirkan

Infeksi jamur vagina yang anda alami selama kehamilan akan berisiko terhadap bayi anda saat dilahirkan. Risiko tersebut yaitu bayi akan terlahir dengan kondisi menderita sariawan pada mulutnya dan bisa saja sariawan tersebut menganggu proses pemberian ASI kepada bayi sehingga nutrisinya kurang tercukupi.

  • Kematian janin

Meski kematian janin akibat infeksi jamur vagina kecil, ada baiknya anda menjaga kebersihan vagina dan segera mengobati infeksi jamur vagina sehingga terhindar dari kemungkinan buruk ini. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here