Bahaya Kehamilan pada Wanita Obesitas

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kegemukan atau obesitas adalah salah satu hal yang mempunyai risiko tinggi terhadap berbagai penyakit. Banyak penyakit yang disebabkan oleh kegemukan seperti stroke, penyakit jantung, diabetes dan lain sebagainya. Jika kita berbicara tentang kehamilan, muncul pertanyaan apakah wanita dengan tubuh obesitas mampu untuk menjadi hamil, dan jika sudah bisa hamil apakah dapat hamil dengan aman dan melahirkan secara normal?

Jika seorang wanita belum pernah hamil dan mempunyai obesitas, hal tersebut akan mempersulit kehamilan. Jika Anda kini memiliki kelebihan berat badan, bukan berarti Anda akan mendapatkan masalah-masalah di atas. Anda bisa berusaha untuk mempunyai kehamilan yang sehat, misalnya dengan berusaha menurunkan berat badan Anda sebelum hamil atau Anda juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan solusi yang lebih baik.

Ketika Anda sudah hamil dan mempunyai kelebihan berat badan, Anda jangan coba-coba untuk melakukan diet ketat. Masa kehamilan bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan penurunan berat badan. Bayi Anda membutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup untuk tumbuh kembangnya supaya mereka sehat dan tumbuh secara sempurna. Pada masa kehamilan, tentunya seorang wanita harus mempunyai berat badan yang lebih dari biasanya. Lantas, berapakah kenaikan berat badan yang cukup untuk wanita obesitas yang sedang hamil? Beberapa pakar merekomendasikan kenaikan berat badan di kisaran 5 – 10 Kg. Untuk kasus Anda, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan Anda. Untuk beberapa kasus, bahkan dokter merekomendasikan untuk tidak menaikan berat badan. Memiliki berat badan yang tetap, bukan berarti Anda mengurangi porsi makan dari yang direkomendasikan oleh dokter.

Pada dasarnya wanita dengan obesitas bisa mempunyai bayi yang sehat dan terlahir dengan sempurna. Hanya saja, kegemukan saat hamil dapat meningkatkan berbagai risiko komplikasi yang mungkin terjadi pada ibu dan janin.

Risiko janin pada ibu obesitas:

  • Cacat bawaan, seperti cacat jantung dan tabung saraf.

Risiko Ibu yang mempunyai obesites :

  • Mengalami kelainan tekanan darah tinggi, diabetes melitus gestational (kencing manis saat hamil) dan preeklampsia
  • Bayi lahir besar
  • Persalinan dengan operasi sesar
  • Terjadinya Keguguran dan kematian janin dalam rahim (kelahiran mati)

Pilihan makanan saat hamil bagi wanita obesitas

Seperti wanita hamil pada umumnya, Anda harus mengkonsumsi berbagai makanan yang bervariasi. Tanyakan kepada dokter Anda tentang makanan-makanan yang mengandung kalsium dan asam folat yang cukup untuk perkembangan bayi Anda. Untuk mendapatkan kehamilan yang sehat, langkah yang Anda lakukan sama saja dengan wanita hamil pada umumnya. Anda harus mengkonsumsi makanan bervariasi dan pastikan makanan-makanan tersebut mengandung cukup nutrisi untuk Anda dan bayi Anda. Selain itu, Anda juga bisa melakukan olahraga secara teratur (jenis olahraga disesuaikan dengan saran dokter), hindari alkohol dan rokok.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY