Bahaya Kelelahan Ekstrim

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Kerja tubuh ini ada batasnya, tubuh manusia pun perlu istirahat. Tubuh kita perlu istirahat, tubuh harus diberi kesempatan untuk melakukan regenerasi dan memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Apabila kondisi ini tidak terjaga, pasti akan terjadi gangguan.

Jika terus dipaksa beraktivitas, maka tubuh kita akan mengalami kelelahan. Dampak kelelahan ini adalah gangguan kesehatan secara umum, kambuhnya berbagai penyakit kronis dan menurunnya daya tahan tubuh seseorang. Kelelahan serta stress yang tinggi juga akan sangat mengganggu proses metabolisme dan hormonal didalam tubuh kita.

Kelelahan terjadi karena dipaksanya fisik dan mental kita untuk bekerja secara terus menerus tanpa istirahat yang cukup. Selain itu, kondisi lingkungan kerja yang tidak sehat seperti bising, suhu ruangan yang panas serta asap rokok di dalam ruangan memperburuk kelelahan yang terjadi tersebut.

Selain itu kelelahan ekstrim juga dapat disebabkan oleh penyakit serius seperti diabetes, tiroid, anemia, depresi, sampai apnea tidur.

Dampak kelelahan ini dapat berakibat serius bagi kesehatan. Kondisi ini diperburuk jika seseorang yang kurang tidur istirahat tersebut tetap mengkonsumsi rokok yang terus menerus disertai konsumsi suplemen dan minuman berenergi yang umumnya mengandung ginseng dan kafein.

Kafein memang bisa membuat Anda tetap terjaga, tetapi kafein juga mempunyai efek samping ke jantung. Penggunaan kafein yang tinggi bisa membuat jantung berdebar-debar, tekanan darah menjadi tinggi. Asam lambung juga bisa meningkat karena asam lambung yang tinggi. Kafein juga mencetuskan buang air kecil yang berlebihan sehingga membuat kita bisa kekurangan cairan (dehidrasi). Apalagi jika kita bekerja di ruangan dengan AC, cenderung kita tidak haus dan kurang minum. Menurut saya tidak bijaksana kalau kita memaksa tubuh kita bekerja dengan mengkonsumsi suplemen yang mengandung kafein dan karbohidrat tersebut.

Kelelahan berhubungan dengan berbagai gangguan kesehatan seperti:

  • Gangguan sistem pencernaan.
  • Gangguan sistem jantung dan pembuluh darah termasuk pembuluh darah otak
  • Penurunan daya tahan tubuh.

Kondisi ini akan semakin parah jika terjadi pada seseorang yang memang sudah mempunyai permasalahan pada sistem pembuluh darahnya, baik di otak maupun di jantung. Kelelahan yang “sangat”, disertai konsumsi suplemen yang mengandung kafein dapat mencetuskan terjadi pecahnya pembuluh darah di otak apalagi yang kebetulan sudah ada kelainan pembuluh darah otak yang tidak terdeteksi sebelumnya.

Untuk mengatasinya kelelahan akut, Anda hanya perlu istirahat atau tidur yang cukup dan berkualitas. Cari suasana yang bisa membuat rileks dan nyaman, lakukan perawatan diri seperti olahraga ringan atau berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Dan terakhir, jaga pola makan dengan gizi seimbang dan perbanyak minum air putih.

Jangan anggap sepele masalah kelelahan fisik yang sedang Anda rasakan. Lebih baik Anda tahu sekarang daripada terlambat sama sekali.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY