Bahaya Keramas Setiap Hari

Cuaca yang panas dan kondisi rambut yang cenderung berminyak seringkali membuat Anda mencuci rambut atau keramas setiap hari. Tapi, tahukah Anda bahwa mencuci rambut setiap hari bisa merusak kesehatan rambut dan kulit kepala? Ada banyak efek berbahaya dari menggunakan sampo setiap hari karena bahan-bahan kimia yang menjadi komposisinya.

Sodium Lauryl Sulfate (SLS) digunakan sebagai foaming agent dalam sampo, adalah bahan yang paling beracun yang ditemukan pada kebanyakan produk sampo. SLS adalah salah satu bahan aktif yang digunakan dalam produk deterjen. Semakin sering Anda menggunakan sampo, semakin besar kemungkinan akar rambut dan kulit kepala mengalami kerusakan dan bahkan menimbulkan berbagai masalah kesehatan, seperti:

  • Kanker
    Sampo mengandung Diethanolamaine (DEA), agen pembasahan, dan nitrit, yang digunakan sebagai pengawet. Kedua bahan kimia tersebut bereaksi membentuk senyawa penyebab kanker, nitrosamin. Paraben, pengawet yang digunakan dalam sampo, juga disebut-sebut dapat menyebabkan kanker payudara.
  • Masalah rambut dan kulit kepala
    SLS yang terkandung dalam kebanyakan sampo dapat menyebabkan kerusakan folikel rambut dan membuat rambut rontok. SLS memiliki protein denaturasi sifat menyebabkan peradangan dan iritasi kulit dengan banyak masalah kulit kepala lainnya.
  • Masalah mata
    Bahan-bahan beracun seperti SLS atau SLES dapat menyebabkan katarak pada orang dewasa jika Anda terlalu sering menggunakannya. Lebih mengejutkan lagi, keramas setiap hari pada anak-anak dapat menghambat pengembangan mata mereka. Selain itu, formaldehyde yang digunakan dalam sampo juga dapat menyebabkan sensasi terbakar jika terkena mata.
  • Masalah hati dan ginjal
    Diethanolamaine (DEA) atau Triethanolamine (TEA) dapat menyebabkan potensi kerusakan hati dan ginjal, jika sering digunakan. Selalu periksa komposisinya saat membeli sampo. Jangan gunakan produk-produk berkualitas rendah pada kulit karena bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan tanpa Anda menyadarinya.
  • Asma
    Beberapa bahan dalam sampo seperti diazolidinyl urea, imidazolidinyl urea, quaternium-15 dan bronopol mengandung bahan kimia yang disebut formaldehida. Asma, nyeri dada dan sesak napas adalah beberapa efek berbahaya dari akumulasi bahan kimia tersebut.
  • Masalah kulit
    Keramas setiap hari mengurangi produksi alami minyak dari kulit sehingga menyebabkan berbagai iritasi kulit. Sering terpapar sampo dapat menyebabkan ruam, radang kulit, gatal-gatal, kemerahan dan eksim karena akumulasi berbagai zat kimia yang terkandung di dalamnya.
  • Melemahkan sistem imun
    Bahan-bahan beracun yang dikemas dalam sampo dapat menimbulkan ancaman bagi sistem kekebalan tubuh , jika digunakan berulang-ulang kali. Bahan-bahan seperti SLS dan SLES yang ditemukan di 95% produk sampo menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh.

Jika Anda terpaksa harus keramas setiap hari, gunakan sampo dengan formula ringan. Efek berbahaya dari menggunakan sampo setiap hari tidak terbatas. Saat membeli sampo, Anda perlu berhati-hati dan membaca bahan-bahan yang tercantum dalam label dengan cermat. Pilihlah sampo yang bebas SLS untuk meminimalkan risiko bahayanya.

*pic luwuraya.net

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY