Bahaya Kerokan Bagi Kesehatan

SehatFresh.com – Di Indonesia kerokan dikenal sebagai obat yang ampuh untuk menyembuhkan obat masuk angin. Biasanya, jika tubuh yang dikerok mengeluarkan warna merah maka hal tersebut dikatakan masuk angin. Namun tahukah Anda bahaya dari kerokan? Untuk itu simak bahaya dari kerokan.

Diyakini semakin merah yang di kerok maka semakin banyak angin. Efek merah tersebut karena terjadi inflamasi. Jika dilakukan terlalu sering maka pori-pori semakin membesar dan rentan terhadap penyakit juga pembuluh kapiler yang berada di bawah permukaan kulit dapat pecah.

  • Mengakibatkan kontraksi dini bagi ibu hamil. Seperti yang kita tahu bahwa saat dikerok atau dikerik akan terjadi Infamasi, yang menjadi masalah yaitu reaksi penolakan terhadap inflamasi tubuh. Saat terjadi inflamasi, maka mediator anti inflamasi akan mengeluarkan suatu zat yang disebut Cytokines, sel yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Zat ini akan memicu pelepasan prostaglandin yang bisa menyebabkan kontraksi pada rahim. Maka bagi ibu yang sedang hamil sangat dilarang penyembuhan dengan cara dikerok karena bisa mengakibatkan timbulnya kontraksi dini akibat munculnya zat prostaglandin.
  • Masuknya bakteri dan virus. Saat kita mengerok atau mengerik tubuh kita, pori-pori kulit akan terbuka lebar karena efek gesekan kulit dengan benda tumpul maupun karena panas tubuh yang meningkat. Saat pori-pori kita membesar maka akan memudahkan angin masuk kembali ketubuh dengan membawa bakteri dan virus ke dalam tubuh. Memang efeknya tidak akan langsung terasa oleh tubuh kita, tapi akan muncul efek dikemudian hari. Sebagian besar orang akan merasa ketagihan saat dikerok dan pasti akan melakukannya lagi saat dia terserang masuk angin. Semakin sering kita dikerok dan semakin sering pula pori-pori kita melebar, maka akan semakin banyak juga virus dan bakteri yang masuk kedalam tubuh kita.
  • Kerokan dapat membuka peredaran pembuluh darah, apabila kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, maka akan membuat peredaran darah yang tadinya kecil juga ikut melebar. Apabila pembuluh darah semakin melebar bahkan pecah maka risiko penyakit stroke mengintai Anda.
  • Pelebaran pori-pori kulit. Ketika dikerok akan membuat permukaan kulit menjadi terbuka dan melebar. Inilah yang sebenarnya harus Anda hindari dari kerokan karena pelebaran pori-pori ini tentu akan membuat virus dan bakter mudah masuk ke dalam tubuh. Bahkan, bakteri dan virus tersebut akan mudah masuk ke peredaran darah. Jika Anda masuk angin, diusahakan untuk meminun obat masuk angin terlebih dahulu. Jangan langsung mengerok beberapa anggota tubuh Anda.

Sumber gambar : blogspot.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY