Bahaya Kesehatan yang Diakibatkan Dari Penggunaan Kipas Angin

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Matahari memancarkan sinarnya tetapi dengan banyaknya rumah kaca maka cahaya sinar matahari akan dipantulkan lagi keatas langit. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya pemanasan global atau yang disebut dengan global warning. Selain itu pemanasan global disebabkan oleh pemakaian ac, pemakaian parfum dan lain sebagainya. Global warning memiliki dampak buruk bagi kondisi cuaca, salah satunya pada siang hari cuaca akan terasa sangat panas. Dengan kondisi cuaca yang sangat panas maka kebanyakan orang pada saat gerah memilih tempat yang sejuk seperti penggunaan kipas angin.

Berbiacara kipas angin memanglah sangat bermanfaat bagi kita yang sedang dalam kondisi gerah karena cuaca terasa panas. Tetapi tahukan anda bahwa penggunaan kipas angin memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Bahaya Kesehatan Apa Saja yang Diakibatkan dari Penggunaan Kipas Angin?

  1. Penurunan suhu badan

Kipas angin dapat menyebabkan penurunan suhu badan karena keringat yang akan keluar terhalang oleh pori-pori yang mengerut akibat merasakan dingin. Apabila suhu tubuh turun secara drastis tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Menyebabkan nyeri otot

Apabila tubuh secara terus-menerus di terpa oleh hembusan angin maka produksi cairan lubrikasi akan berkurang. Cairan tersebut berfungsi untuk menguatkan sendi tulang dan otot. Penggunaan kipas angin yang terus-menerus akan menyebabkan nyeri otot karena tubuh kekurangan cairan lubrikasi.

  1. Mengganggu pernafasan

Penggunaan kipas angin yang menghembus secara langsung ke wajah maka anda akan mengalami kesulitan bernafas. Hal ini disebabkan karena oksigen yang masuk kedalam tubuh berkurang sehingga kandungan oksigen dalam sel darah pun menjadi berkurang.

  1. Kualitas tidur menjadi buruk

Tidur menggunakan kipas angin akan menjadikan otak mengirimkan sinyal rasa nyaman. Tetapi kebiasaan ini bisa sulit untuk dihentikan dan akan mengakibatkan rasa lelah dan nyeri pada saat bangun tidur. Hal tersebut merupakan suatu tanda bahwa kualitas tidur anda menjadi buruk.

  1. Tubuh mengalami dehidarasi

Menurut Dr. Wendra Ali seorang ahli syaraf menyatakan bahwa salah satu bahaya kipas angin dan AC bagi kesehatan terjadinya dehidrasi. Padahal 70% organ tubuh memerlukan air. penggunaan kipas angin menyebabkan kulit menjadi kering. Kulit kering salah satu tanda bahwa tubuh kekurangan cairan.

  1. Kekebalan tubuh berkurang

Hembusan kipas angin akan menyebabkan keringat tidak keluar dari tubuh. Hal ini menyebabkan metabolisme menjadi tidak lancar. Metabolisme yang tidak lancar akan menyebabkan tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Sekresi keringat berfungsi untuk mengaktifkan kembali sel-sel imun. Apabila sel imun menjadi lemah maka tubuh akan rentan terhadap penyakit

  1. Menghambat proses detokfikasi alami

Kipas angin akan membuat proses keluarnya keringat menjadi tidak lancar, sehingga kondisi ini akan mempengaruhi proses detokfikasi tubuh tidak berlangsung. Keringat dikeluarkan oleh tubuh untuk mengatur suhu badan dan mengeluarkan racun didalam tubuh.

  1. Resiko terjadinya hipotermi

Penggunaan kipas angin akan mengakibatkan hipotermi yang ditandai dengan tubuh menggigil. Kondisi ini akan mengakibatkan tubuh membeku karena mengkerutnya pembuluh darah.

Selain sembilan dampak atau bahaya kesehatan yang diakibatkan oleh kipas angin ada beberapa dampak lain seperti tubuh menjadi tidak bugar, otot menjadi kaku, kulit kering, berkurangnya oksigen dalam tubuh. Selain itu penggunaan kipas angin dapat memicu terjadinya penyakit seperti sesak nafasm isfa, bell’s palsy, tortikolis, frozen shoulder dan sarpal tunnel syndrom. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here