Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

SehatFresh.com – Pernahkah Anda ditegur oleh teman, guru, kakak, atau orang tua perihal makan atau minum sambil berdiri? Jika pernah, mungkin pada saat itu hati Anda akan bertanya-tanya. Mengapa dilarang? Apa penyebabnya? Mungkin Anda selama ini berpikir bahwa hal tersebut menyangkut etika dan kesopanan. Ternyata makan dan minum sambil berdiri juga berbahaya bagi kesehatan dan akan berdampak buruk bila Anda mengkomsumsi minuman dan makanan sambil berdiri.

Pada saat duduk, apa yang diminum atau dimakan oleh seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lambat. Apabila minum sambil berdiri, maka ia akan menyebabkan cairan jatuh dengan keras ke dasar usus dan menabraknya dengan keras. Jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama, maka akan menyebabkan usus melar dan jatuh kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.

Manusia pada saat berdiri, ia dalam keadaan tegang. Organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras supaya mampu mempertahankan semua otot pada tubuhnya, sehingga bisa berdiri stabil dan sempurna. Ini merupakan kerja yang sangat teliti karena melibatkan semua susunan saraf dan otot secara bersamaan. Menjadikan manusia tidak bisa mencapai ketenangan yang merupakan syarat terpenting pada saat makan dan minum, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minum dengan cara cepat.

Makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah, untuk menghantarkan detak mematikan bagi jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.

Begitu pula makan dan minum berdiri secara terus-menerus terbilang membahayakan dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Para dokter melihat bahwa luka pada lambung 95% terjadi pada tempat-tempat yang biasa berbenturan dengan makanan atau minuman yang masuk.

Salah satu kelebihan minum sambil duduk, yaitu air akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa membuka sehingga air kemih bisa lewat dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada penyaringan yang ada di ginjal.

Air yang kita minum akan menuju ke kandung kemih tanpa disaring lagi. Ketika menuju kandung kemih, maka akan terjadi pengendapan di sepanjang perjalanan air (ureter). Akibat dari banyaknya limbah-limbah yang tersisa  di ureter, maka akan muncul berbagai penyakit, salah satunya penyakit kristal ginjal. Salah satu penyebab kristal ginjal yaitu sulit buang air kecil. Cara mengatasi penyakit ini, yaitu perbanyaklah minum air putih yang jernih dan segar, kemudian mulailah membiasakan minum sambil duduk.

Sumber gambar : brighterlife.co.id

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY