Bahaya Mata Gatal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Mata gatal akan menyebabkan Anda mengucek mata dengan tangan, hal ini dianggap biasa namun sebenarnya ada banyak bahaya yang menghantuk dibelakangnya. Mengucek mata dengan tangan harus Anda sadari karena dapat menimbulkan penyakit & kelainan pada mata bahkan kebutaan.

Lalu apakah sebenarnya kegiatan mengucek mata dapat menimbulkan efek berbahaya? Berikut ini penjelasannya:

  • Menyebabkan tekanan pada mata. Sebuah penelitian menyatakan bahwa menggosok mata terlalu sering, keras, dan selama jangka waktu yang lama dapat menimbulkan masalah bagi mata, mata akan mengalami tekanan yang sangat menyakitkan.
  • Memperburuk penglihatan (miopia). Rabun jauh merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan pada saat melihat objek jarak jauh. Pada penderita gangguan miopia progresif, menggosok dapat berakibat pada buruknya penglihatan mereka. Hal ini terjadi karena retina yang sudah melemah berada di bawah tekanan yang berturut-turut.
  • Mengakibatkan glaukoma. Glaukoma merupakan jenis sejenis penyakit mata yang memiliki gejala tidak langsung, dimana hal ini lama kelamaan akan mengurangi daya penglihatan mata dan pada akhirnya bisa berujung pada kebutaan. Salah satu penyebab glaukoma adalah karena adanya peningkatan tekanan pada bola mata, yaitu diatas 20mmHg. Tekanan ini bisa terjadi dari kebiasaan mengucek mata.
  • Menyebabkan kerusakan saraf. Pada penderita glaukoma peningkatan tekanan pada mata yang terjadi karena terlalu sering dan terlalu lama mengucek mata mengganggu aliran darah di belakang mata, yang pada akhirnya berdampak pada rusaknya saraf. Hal ini tentu saja sangat merugikan penglihatan.
  • Menyebabkan gangguan keratoconus. Keratoconus merupakan sebuah kondisi dimana kornea mata menjadi melemah dan terdorong ke depan sehingga dapat berubah bentuk menjadi seperti kerucut atau runcing seperti bola rugby. Keadaan ini tentu saja akan membahayakan penglihatan mata.
  • Menyebabkan pembengkakan pada kornea. Menggosok mata setelah bangun tidur dapat menyebabkan pembengkakan pada kornea mata. Hal ini dikarenakan mata kelebihan cairan sebagai akibat dari kadar oksigen yang rendah dalam semalam. Hal yang sama juga berlaku pada saat seorang pengguna soft lens mencopot lensa kontaknya. Selain itu mengucek mata juga dapat mengakibatkan luka yang terasa sangat sakit dan nyeri pada kornea.
  • Meningkatkan resiko stress dan infeksi mata. Menggosok mata dapat memperburuk keadaan mata yang sudah sakit, menyebabkan mata merah dan gatal. Hal ini tentu saja akan memperbesar keinginan untuk menggosok lagi dan lagi. Bagi penderita alergi, hal ini tentu akan membawa dampak penyebaran alergen yaitu seperti serbuk sari dari bulu mata ke permukaan mata, sehingga besar kemungkinan penyebaran kuman dari tangan anda ke mata yang bisa mengakibatkan resiko styes serta terjadinya infeksi pada mata.
  • Penipisan kornea mata. Penelitian medis menunjukkan bahwa menggosok mata dapat menyebabkan penipisan kornea. Yang nantinya hal tersebut dapat menyebabkan infeksi berulang, atau lebih buruk, yakni imbas terkenanya keratoconus, yang menyebabkan kerusakan pada penglihatan dimana gangguan ini sering tidak dapat dikembalikan atau tidak bisa sepenuhnya diperbaiki.
  • Kebutaan. Kebutaan merupakan suatu kondisi dimana mata tidak mempunyai daya penglihatan lagi. Hal ini bisa terjadi dari berbagai faktor, seperti glaukoma, katarak, dan berbagai jenis infeksi mata lainnya. Salah satu penyebab yang sepertinya dianggap sepele selama ini adalah kebiasaan mengucek mata yang lama kelamaan bisa mengakibatkan infeksi, iritasi, glaukoma, bahkan pada tingkat kebutaan.
  • Menyebabkan lingkaran hitam pada mata. Kebiasaan menggosok mata dapat berakibat pada pecahnya pembuluh darah kecil yang mengelilingi mata Anda. Seiring waktu, hal tersebut dapat memberikan efek bayangan pada penglihatan, dan mata terlihat terlihat lelah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY