Bahaya Melewatkan Makan Sahur saat Puasa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sahur itu wajib. Seringkali kita mendengar anjuran tersebut, tapi memang dengan diwajibkannya sahur akan membantu menjaga kesehatan tubuh anda saat menjalankan puasa. Dengan makan sahur energi tubuh anda akan tetap tercukupi dikala menjalankan aktivitas dari siang hingga sore hari.

Meski dianjurkan lebih baik selalu makan sahur saat puasa karena penting bagi tubuh, namun beberapa dari anda mungkin masih ada yang sering melewatkan makan sahur. Alasannya juga bermacam-macam, ada yang beralasan biasa tidur larut malam sehingga tak bisa bangun sahur karena kesiangan atau ada yang ingin dietnya berhasil sehingga melewatkan makan sahur.

Tapi perlu anda ketahui bahwa dengan melewatkan makan sahur akan memberikan efek buruk yang tentunya bahaya bagi kesehatan tubuh anda. Bahaya yang dapat terjadi jika anda melewatkan makan sahur saat puasa antara lain yaitu:

  1. Sakit perut

Bagaimana anda tidak akan sakit perut jika perut anda dalam keadaan kosong selama kurang lebih 13 jam untuk menyelesaikan puasa dalam sehari. Anda melewatkan sahur yang harusnya untuk mengisi perut anda selama puasa, akibatnya produksi asam lambung akan naik secara berlebihan sehingga anda merasakan sakit perut dan bahkan kondisi parah yang bisa anda alami yaitu GERD.

  1. Dehidrasi

Kondisi yang berbahaya lainnya yaitu anda akan mengalami dehidrasi. Apalagi jika anda sampai mengalami dehidrasi berat. Dehidrasi berat dapat mengakibatkan anda kehilangan kesadaran. Oleh karena itu penting bagi anda untuk tidak melewatkan makan sahur sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan saat puasa dan anda tidak akan mengalami dehidrasi baik ringan hingga berat.

  1. Pusing

Pusing saat puasa muncul akibat tidak sahur terjadi karena saat tubuh anda lapar, maka kerja organ akan menurun. Selain itu tubuh juga akan berusaha mencukupi kebutuhan energi dengan membakar lemak perlahan-lahan. Kondisi tersebut yang membuat anda merasa pusing.

  1. Menganggu keseimbangan tubuh

Pusing yang muncul akibat anda melewatkan makan sahur juga akan berdampak pada keseimbangan tubuh anda. Keseimbangan tubuh anda akan menurun yang mana membuat anda susah untuk menjalankan aktivitas.

  1. Mengalami penurunan fungsi kognitif

Anda akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi di siang hari karena melewatkan makan sahur. Karena sulit berkonsentrasi maka fokus anda terhadap pekerjaan atau aktivitas anda akan berkurang dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

Itulah beberapa efek buruk atau bahaya yang bisa menganggu kesehatan anda jika melewatkan makan sahur. Jadi mulai hari ini rajinkan lagi makan sahurnya agar tubuh tetap sehat dan dapatkan menjalankan ibadah selama bulan ramadhan. (DKA)


Warning: A non-numeric value encountered in /home3/sehatfre/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here