Bahaya Memberikan Botol Susu saat Anak Terbaring

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Di zaman modern ini wanita tidak hanya berdiam diri dirumah mengurus rumah dan merawat anak. Banyak wanita yang memilih berprofesi menjadi seorang wanita karir dan menjadi seorang ibu. Bagi ibu memiliki dua profesi ini tentunya memiliki masalah dengan pemberian ASI pada bayinya. Sehingga banyak ibu yang memompa ASInya agar bayinya tetap diberikan ASI dengan menggunakan botol susu.

Tahukah anda bagaimana cara memberikan ASI menggunakan botol susu yang baik dan benar? Anda bisa memberikan ASI dengan botol susu dengan cara menggendong dan memeluk dengan posisi kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Selain itu posisi lainnya (apabila bayi hanya mau menyusu dalam keadaan tiduran) letakan bayi ditempat tidur lalu ganjal kepala bayi dengan bantal.

Ibu masih memiliki kebiasaan memberikan susu menggunakan botol susu dalam posisi  anak berbaring atau tiduran tanpa menggunakan pengganjal kepala. Saya kasih tau ini bahayanya yang akan timbul apabila memberikan ASI menggunakan botol susu dalam posisi tersebut?

  1. Tersedak

Bunda mungkin menganggap bahwa tersedak bukanlah hal yang serius. Tanpa bunda ketahui bahwa kondisi ini merupakan faktor umum penyebab kematian bayi. Memberikan ASI menggunakan botol susu dalam posisi berbaring akan berisiko bayi mengalami tersedak. Pada saat bayi tersedak bayi akan mengalami kesulitan bernafas karena tenggorokannya tertutup oleh air susu. Jika si kecil tidak segera mendapatkan udara dalam waktu 4 menit maka akan menyebaban kerusakan otak yan permanen.

  1. Infeksi telinga

Minum dalam posisi terbaring akan menyebabkan cairan kembali ke dalam tenggorokan dan kemudian akan mengalir ke telinga bagian tengah. Hal ini memicu terjadinya infeksi pada telinga. Infeksi telinga ditandai dengan demam, keluar cairan berwarna putih kekuning-kuningan, dan bau busuk dari telinganya.

  1. Merusak gigi

Selain pemberian ASI memberikan susu formula menggunakan botol dalam posisi tiduran atau berbaring akan menyebabkan kerusakan pada gigi. Hal ini karena kandungan glukosa pada susu formula menumpuk pada gigi. Senyawa asam inilah yang menyebabkan kerusakan pada elemen gigi. Kandungan gula pada susu formula mengakibatkan resiko terjadinya keropos  Selain karena senyawa asam memberikan susu menggunakan botol susu dalam posisi berbaring mengakibatkan penekanan botol susu pada gigi yang menimbulkan resiko pada empat gigi susuk anak.

  1. Mengurangi kedekatan ibu dan anak

Memberikan susu menggunakan botol susu dalam posisi berbaring atau tiduran dapat mengurangi kedekatan antara ibu dan anak. Hal ini disebabkan karena tidak terjadinya kontak langsung antara ibu dan anak. Padahal bayi sangat sensitif dengan sentuhan. Apalagi sentuhan dari seorang ibu.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut bagi para bunda yang memiliki kebiasaan memberikan susu dengan menggunakan botol susu sebaiknya bunda jauhi hal ini. Karena banyak dampak negatif dari aktivitas tersebut. dampak tersebut tidak hanya beresiko pada bayi anda akan tetapi mengurangu kedekatan anda dengan bayi anda. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here