Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang

SehatFresh.com – Gigi merupakan salah satu dari bagian sistem pencernaan. Jika terjadi gangguan, maka makanan tidak bisa dikunyah dengan baik sehingga lambung dan usus bekerja lebih keras. Masalah gigi berlubang merupakan masalah gigi yang seringkali dialami anak-anak maupun orang dewasa. Masalah gigi berlubang ini tidak boleh dianggap remeh. Jika dibiarkan, bisa berakibat pada kondisi kesehatan secara menyeluruh. Masalah gigi berlubang tidak menyebabkan sakit dan tidak terlihat sampai kondisinya sudah parah.

Penyakit gigi berlubang disebabkan oleh bakteri perusak gigi. Bakteri perusak gigi ini berasal dari sisa-sisa makanan yang ada pada gigi. Maka dari itu, bila kebersihan gigi kurang diperhatikan, gigi cenderung menjadi cepat berlubang. Bakteri dan sisa kotoran yang memicu infeksi pada gigi dan mulut dapat menyebar ke anggota tubuh lain.

Pada awalnya, lubang yang timbul hanya berupa lubang kecil yang tidak kasat mata. Lubang kecil yang terdapat di gigi akan menjadi celah bagi sisa makanan yang tertinggal. Jika sisa makanan ini bertemu dengan bakteri, lubang akan semakin besar dan akhirnya merusak dentin. Jika terus dibiarkan, lubang akan sampai pada jaringan saraf dan menimbulkan rasa nyeri. Hal ini bisa berlangsung hingga gigi Anda habis. Lubang di gigi dapat menjadi jalan masuk bakteri dan kuman ke dalam aliran darah dan bakteri juga bisa sampai di paru-paru, ginjal dan organ-organ tubuh lainnya.

Kelompok peneliti dari Universitas Harvard menemukan bahwa mereka yang memiliki masalah di rongga mulutnya memiliki risiko terhadap kanker pankreas 63 persen lebih tinggi daripada mereka yang tidak memiliki masalah di rongga mulutnya. Hasil penelitian lain menunjukkan bahwa kesehatan gigi yang buruk sangat erat kaitannya dengan barbagai macam gangguan kesehatan termasuk serangan jantung, stroke, diabetes dan radang sistemik. Gigi berlubang juga bisa berujung penyakit jantung, ovarium, mata, paru-paru, ginjal, dan saraf.

Salah satu faktor yang membuat gigi menjadi cepat berlubang adalah makanan. Ada beberapa makanan yang sangat cepat membuat gigi menjadi berlubang, yaitu makanan manis seperti permen dan coklat. Makanan ini bisa merusak lapisan email gigi dengan cepat sehingga membuat gigi menjadi rentan mengalami kerusakan. Selain makanan manis, makanan yang terlalu panas dan terlalu dingin juga bisa membuat gigi menjadi tidak kuat. Jika gigi sudah tidak kuat lagi, gigi semakin mudah dirusak oleh bakteri sehingga membuat gigi cepat berlubang.

Untuk mencegah timbulnya lubang pada gigi, terapkan praktek kebersihan gigi yang baik dengan menggosok gigi secara teratur. Bersihkan gigi setidaknya 2 kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Anda juga bisa mencegah munculnya gigi berlubang dengan berkumur setiap kali selesai menggosok gigi untuk lebih menyempurnakan perawatan gigi Anda. Jangan lupa juga untuk periksa kesehatan gigi secara rutin minimal 6 bulan sekali.

Sumber gambar : www.katalogibu.com

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY