Bahaya Mencabut Bulu Ketiak

www.SehatFresh.com

SehatFresh.com – Setiap orang pasti memiliki bulu ketiak, baik pria maupun wanita. Bulu ketiak merupakan bulu atau rambut yang tumbuh di daerah ketiak kita. Biasanya, bulu ketiak mulai tumbuh ketika remaja. Adanya bau ketiak terkadang membuat seseorang mengalami penuruna tingkat kepercayaan diri. Tak hanya itu, terkadang, tumbuhnya bulu ketiak juga menimbulkan rasa gatal.

Karena bulu ketiak sering dianggap mengganggu, banyak orang yang mencukur bulu ketiak. Teknik mencukur bulu ketiak sendiri ada empat macam, yakni:

  • Mencukur
  • Memakai krim penghilang rambut
  • Waxing/sugaring
  • Elektrolisis

Namun, taukah Anda, bahwa mencukur bulu ketiak ternyata memiliki dampak yang buruk? Dengan mencukur atau mencabut bulu ketiak, akan membuat kulit ketiak terluka. Luka pada ketiak ini biasanya merupakan luka yang tak terlihat oleh mata serta pori-pori di daerah sekitar ketiak akan membesar. Hal ini akan membuat zat kimia dan toxin yang berada dalam berbagai produk seperti bedak, deodorant, dan krim ketiak akan dengan mudah masuk ke kulit.

Deodorant antiperspirant akan semakin mudah masuk ke kulit, karena zat antiperspirant mencegah keluarnya keringat yang mampu melunturkan toxin yang masuk. Akibat dari hal tersebut adalah toxin-toxin tersebut akan tertimbun pada payudara yang kemudian dapat memicu timbulnya kanker. Sehingga tak heran jika aktivitas mencabuti bulu ketiak sering disangkut pautkan pada kanker payudara. Disamping itu, racun-racun lain dari luar yang hendak masuk ke dalam tubuh, memungkinkan juga untuk memasuki organ tubuh lainnya seperi paru-paru, otak,  dan jantung.

Ketika Anda mencabut bulu ketiak, tanpa Anda sadari akan terjadi luka dan pori-pori membesar. Luka tersebutlah yang memudahkan timbulnya penyakit, seperti bengkak, radang atau bernanah yang kemudian bisa juga terjadi infeksi. Kondisi tersebut akan berlangsung dalam jangka panjang dan iritasi yang terjadi akan lebih lama, hal tersebut bisa juga memicu terjadinya mutasi sel.

Hal ini juga menjadi salah satu pemicu adanya risiko kanker payudara. Bulu ketiak berguna untuk melindungi ketiak dari zat kimia atau toxin yang hendak masuk dari luar tubuh. Pada ketiak terdapat kelenjar limfa yang memudahkan transportasi racun terutama yang hendak masuk ke payudara dan organ tubuh lainnya.

Jadi, dari pada dicabut, akan lebih baik jika digunting. Membersihkan bulu ketiak dengan cara apapun seperti wax juga tidak dianjurkan, karena risiko timbulnya kanker payudara sama besarnya dengan dicabut dan dicukur. Jadi sebaiknya dari pada dicukur atau dicabut, anda lebih baik membersihkannya dengan cara di gunting dengan gunting kecil atau gunting khusus. Dengan cara tersebut maka risiko luka dan terjadinya pembengkakan pori-pori bisa Anda hindari.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY