Bahaya Mengkonsumsi Obat Kadaluarsa

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Pernah mengkonsumsi obat yang sudah kadaluarsa tanpa sengaja? Pasti beberapa dari pembaca pernah mengalaminya. Obat yang tujuannya ialah untuk kesehatan atau menyembuhkan penyakit bisa jadi malah mendatangkan persoalan karena diminum melebihi tanggal kadaluarsa.

Benarkah Obat Kadaluarsa Itu Berbahaya?

Tanggal kedaluwarsa merupakan tanggal terakhir dari produsen obat dapat menjamin bahwa obatnya bisa berpotensi aman saat digunakan. Tanggal kedaluwarsa biasanya juga dibuat oleh produsen dengan diberikan jarak antar kadaluarsa.

Tujuannya ialah untuk mencegah adanya pembusukan. Jadi misal sudah kadaluarsa, tapi sebenarnya obat di dalamnya masih diberikan dispensasi waktu sehingga masih aman. Apabila obat sudah mengalami kadaluarsa maka bisa terjadi beberapa implikasi yaitu sebagai berikut:

  • Diare. Meminum obat yang sudah kadaluarsa dapat mengakibatkan peminumnya mengalami diare. Diare ini terjadi karena memang sudah terjadi penolakan tubuh terhadap obat tersebut sehingga dikeluarkan melalui fases yang tidak normal.
  • Mual dan Muntah. Mengkonsumsi obat yang sudah kadaluarsa juga membuat seseorang biasanya mengalami mual dan muntah. Mual dan muntah ini terjadi karena seseorang mengalami penolakan terhadap obat. Obat bisa menjadi racun dalam tubuh sehingga bisa dikeluarkan lagi melalui mulut dengan cara muntah-muntah.
  • Gatal-gatal. Obat yang sudah kadaluarsa bila dikonsumsi juga bisa menimbulkan alergi. Alergi yang ditimbulkan bisa dilihat dari munculnya gatal-gatal dan alergi kulit. Gatal-gatal ini akan membuat tubuh menjadi lebih lemas karena tersiksa dengan rasa gatal yang ada.

Selain berbagai macam gangguan yang bisa ditimbulkan karena mengkonsumsi obat yang sudah kadaluarsa, bisa jadi juga tetap aman-aman saja. Produsen menuliskan tanggal kadaluarsa biasanya diberi jarak untuk tetap aman selama beberapa minggu atau beberapa bulan.

Jadi ada beberapa orang yang sudah mengkonsumsi obat yang sudah kadaluarsa tapi tetap sehat dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Meskipun begitu ada beberapa obat yang harus selektif dan sebaiknya jangan sampai diminum dengan kondisi kadaluarsa yaitu sebagai berikut:

  • Obat Mata

Mata ialah organ yang sangat penting sehingga tidak boleh ada zat asing yang masuk ke dalamnya. Obat mata yang sudah kadaluarsa biasanya akan membuat fungsi mata bisa terganggu.

  • Obat Kumur

Obat kumur yang sudah kadaluarsa cukup berbahaya apabila digunakan karena berhubungan dengan rongga mulut. Bisa timbul sariawan, luka, atau menimbulkan permasalahan mulut.

  • Salep

Salep juga merupakan obat yang sebaiknya benar-benar jangan digunakan apabila sudah kadaluarsa. Sebab salep biasanya digunakan pada luka. Luka bisa makin parah dan terjadi iritasi apabila digunakan. Sebaiknya salep digunakan dengan waktu yang tepat.

Demikian informasi tentang bahaya mengkonsumsi obat yang sudah kadaluarsa. Semoga bermanfaat bagi para pembaca setia. (MLS)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here