Bahaya Osteomilietis pada Remaja

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Osteomielitis adalah kondisi dimana tulang mengalami infeksi atau peradangan pada struktur tulang akibat bakteri, terutama bakteri jenis staphylococcus aureus. Orang dewasa bisa terinfeksi bakteri melalui luka di sekitar tulang mereka.

Tidak hanya bakteri dan virus yang menjadi penyebabnya, jamur juga bisa menyebabakan infeksi pada tulang. Osteomielitis bisa menyerang siapa saja. Pada anak-anak, osteomielitis bisa terjadi pada tulang belakang dari lengan dan tungkai kemudian merambat ke pinggul, pundak, pergelangan tangan, dan lutut. Pada orang dewasa, biasanya terjadi pada tulang-tulang dari spine (vertebrae) atau pada pelvis. Faktor risiko yang mendukung terjadinya penyakit ini adalah trauma, diabetes, hemodialisis, dan penyalahgunaan narkoba.

Faktor lain yakni cedera pada tulang, mungkin telah membuat tulang yang terkena cedera memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena infeksi. Pada anak-anak, tulang panjang biasanya terpengaruh.

Infeksi pada tulang bisa disebabkan beberapa faktor, antara lain:

  • Kurangnya pasokan darah akibat pembengkakan sumsum tulang sehingga mengakibatkan bagian dari tulang mati.
  • Bakteri yang terbawa dalam aliran darah.
  • Infeksi dari bagian tubuh lain terbawa aliran darah dan menyebar ke tulang. Akibtanya, terjadi infeksi di ujung tulang dan di tulang belakang.

Tulang yang terinfeksi bakteri dan virus ini akan ditandai dengan timbulnya demam. Gejala lain yang timbul akibat terjadinya infeksi tulang adalah adanya rasa nyeri yang luar biasa pada tulang.

Selain itu, tulang yang mengalami infeksi juga akan mengalami luka dan pembengkakan, bahkan terjadi pseudoparalysis, yaitu terbatasnya gerakan tulang yang terinfeksi. Terutama pada penderita yang mengonsumsi obat pereda nyeri. Pada beberapa kasus pasien juga akan mengalami mual.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY