Bahaya Paparan Asap Rokok Bagi Anak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sudah tidak asing lagi saat kita berbicara mengenai rokok. Rokok memiliki kandungan seprti tar, nikotin, karbon monoksida dan komponen asap lainnya. Kandungan yang terdapat pada rokok sangatlah beresiko bagi pemakaiannya. Tetapi, kandungan tersebut akan lebih membahayakan lagi bagi orang yang ada disekelilingnya salah satunya anak-anak.

Apa saja bahaya dari paparan asap rokok bagi anak?

  1. Infeksi telinga

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Archives of Pediatric and Adolescent Medicine menyatakan bahwa paparan asap rokok akan mengakibatkan infeksi telinga pada anak. Penelitian ini menemukan 1,5 kali lebih mungkin mendapatkan infeksi telinga tengah pada anak-anak mereka.

  1. Mengakibatkan ISPA

menurut tim penulis Poltekes Depkes Jakarta pada tahun 2010 menyatakan bahwa anak yang memiliki orang tua sebagai perokok maka akan beresiko mengalami batuk, pilek, radang tenggorokan dan penyakit paru-paru.

  1. Asma

Pada tahun 2011 hasil laporan dari ASH Research Report menyatakan bahwa anak dari keluarga peroko akan menderita asma dua kali lebih besar dibandingkan dengan anak dari keluarga tidak perokok. Selain itu penelitian pada tahun 2009 menurut Ratih Oemiyati dan Qomariah Alwi menyatakan bahwa faktor lingkungan penyebab terjadinya asma yaitu paparan asap rokok.

  1. Kerusakan pada gigi

Menurut sebuah penelitian Journal of the American Dental Association menyatakan bahwa paparan asap rokok akan menyebabkan keropos pada gigi susu anak. Hal ini terjadi karena pengaruh mikrobiota pada mulut, tingkat vitamin C menurun, kekebalan tubuh menjadi menurun dan produksi produksi saliva

Apa efek jangka panjang paparan asap rokok bagi anak?

  1. Penyakit pembuluh darah perifer

Pada saat dewasa anak yang menjadi perokok pasif akan beresiko terkena penyakit pembuluh darah perifer. Hal ini disebabkan karena terjadi penggumpalan trombosit dan pengapuran dinding pembuluh darah..

  1. Kanker

Menurut penelitian di Swedia menyatakan bahwa orangtua yang merokok akan menimbulkan resiko kanker pada anak, seperti kanker paru-paru, kanker tenggorokan,  aerodigestive cancer, kanker esopagus dan vita suara.

  1. Jantung dan stroke

Menurut sebuah penelitian rokok dalam jangka panjang akan mengakibatkan penyakit jantung serta stroke pada anak saat masa remaja atau dewasa.

  1. Emfisema

Menurut ASH Research Report pada tahun 2011 menyatakan bahwa anak yang menjadi perokok pasif pada saat dewasa akan mengalami emfisema. Emfisema merupakan suatu kondisi dimana paru-paru mengalami gangguan kronis yang dapat menyebabkan kematian

  1. Katarak

Efek jangka panjang paparan asap rokok pada anak akan menimbulkan resiko terjadinya katarak.

Di Amerika Serikat Asap rokok menjadi penyeb 3.000 kematian kanker paru-paru dan puluhan ribu kematian jantung pada orang dewasa. Sedangkan di Australia sekitar 23 anak dibawah usia 15 tahun yang meninggal karena asap rokok. Selain itu menurut sebuah penelitian lain yang menyatakan bahwa paparan asap rokok menyebabkan lebih dari 21.900.000 anak-anak di dunia memiliki resiko kemampuan yang kurang untuk belajar membaca, matematika, dan pemahaman kalimat. Paparan asap rokok tidak hanya membahayakan kesehatan fisik dan kematian, tetapi asap rokok memiliki resiko pada anak-anak dalam kemampuan belajarnya. (KMY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here