Bahaya Penggunaan Cairan Antiseptik Pada Pembersih Kewanitaan

SehatFresh.com – #Infotorial –  Kesehatan organ intim haruslah menjadi perhatian utama semua wanita. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan.  Ironisnya, banyak wanita  yang mengganggap remeh dan bukan pekerjaan yang mudah sehingga timbulah masalah klasik kaum wanita yaitu keputihan.

Terkadang para wanita awam beranggapan menggunakan sabun kewanitaan yang mengandung antiseptik merupakan solusi yang baik untuk merawat Miss V. Pada kenyataannya, sabun kewanitaan yang mengandung antiseptik  (povidone iodin) justru dapat meningkatkan gangguan kesehatan area genital yang membuat keseimbangan kadar pH di dalam vagina terganggu.

Menurut dr. Prima Progestian, SpOG antiseptik merupakan agen kimia yang berfungsi mencegah, memperlambat atau menghentikan pertumbuhan mikro-organisme (kuman) pada permukaan luar tubuh dan membantu mencegah terjadinya infeksi yang penggunaannya diperuntukkan untuk bagian permukaan luar kulit tubuh.  “Apabila tindakan ini dilakukan terlalu sering dan berlebihan justru akan mendatangkan lebih banyak kerugian dibandingkan manfaatnya” kata dr. Prima.

Pemakaian antiseptik tidak hanya membunuh kuman ‘jahat’ tapi juga akan membunuh kuman-kuman (flora) normal dalam vagina yang berfungsi untuk melawan kuman ‘jahat’ yang masuk ke dalam vagina. Akibatnya kuman jahat tersebut malah tumbuh subur dalam vagina. “Sebenarnya, bakteri ‘jahat’ terdapat di vagina, namun dalam jumlah yang lebih sedikit dibandingkan flora normal. Namun bila keseimbangan lingkungan vagina terganggu, maka bakteri ‘jahat’ tersebut akan meningkat jumlahnya. Keadaan tersebut dapat memudahkan terjadinya infeksi,” tambah dr. Prima.

Selain itu, beberapa produk antiseptik dapat bersifat iritatif sehingga risiko terjadinya peradangan atau infeksi menjadi lebih besar. Hal ini dikarenakan di dalam vagina terdapat bakteri, 95 persennya adalah bakteri yang baik sedang sisanya bakteri patogen. Agar ekosistem seimbang, dibutuhkan tingkat keasaman (pH balance) pada kisaran 3,8-4,2. Dengan tingkat keasaman tersebut, flora normal Laktobasilus sp. akan subur dan bakteri patogen mati.

Saat ini telah hadir pembersih kewanitaan yang diformulasikan secara alami yang menjadi sahabat para wanita.  Rossie Ana selaku  Product Product Executive PT. NutriSains, memperkenalkan “Beluna Daily Feminine Care” sebagai pembersih kewanitaan.  “Beluna mengandung lactoserum dan asam laktat, yang dapat mengurangi bau tak sedap, rasa gatal, lembab dan keputihan. Lactoserum mengandung senyawa laktat, laktose dan nutrisi untuk “bakteri baik,” jelas Rossie.

Beluna juga membantu memberikan kesegaran dan keharuman alami daerah kewanitaan sehari-hari. Tetap menjaga pH alami dan kesehatan daerah wanita. Bagaimana cara penggunaannya? “Kocok dulu Beluna Daily Feminine Care, lalu tuangkan pada telapak tangan. Berikan sedikit air hingga berbusa, kemudian basuhkan ke area kewanitaan secara lembut. Diamkan sesaat, lalu bilas dengan air bersih,” pungkas Rossie  saat ditemui di Kantor PT NutriSains di kawasan Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Beluna, Bersih, Kesat dan Nyaman. Saat ini Beluna Daily Feminine Care sudah tersedia di apotek dan toko obat resmi di berbagai kota di Indonesia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY