Bahaya Penggunaan Lensa Kontak saat Tidur

0
7
www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bagi anda yang suka memakai lensa kontak, mungkin pernah tidur tanpa melepas lensa kontak. Jangan pernah jadikan hal itu sebagai kebiasaan karena dampaknya sangat berbahaya bagi mata. Penggunaan lensa kontak yang tidak tepat dapat menyebabkan infeksi serius, timbulnya rasa nyeri, sensitivitas cahaya, bahkan kehilangan penglihatan secara permanen. Lantas apa saja bahaya yang dapat ditimbulkan jika lupa atau tidak melepas lensa kontak saat tidur? Berikut ulasannya.

  1. Hipoksia atau kurangnya oksigen pada mata

Seperti bagian tubuh lainnya, mata juga perlu oksigen agar dapat berfungsi dengan baik. Karena kornea mata tidak memiliki suplai darah sendiri, organ ini harus mengambil oksigen dari air mata dan udara. Memakai lensa kontak dapat mengurangi suplai oksigen ke dalam kornea mata, terlebih jika seharian dipakai dan tidak dilepas saat idur. Hal ini dapat menyebabkan kornea mata mengalami hipoksia atau kekurangan oksigen.

Jika kornea mata mengalami hipoksia, risikonya sangat serius. Salah satunya adalah muncul pembuluh darah baru yang dapat memicu kehilangan penglihatan, terutama jika pertumbuhan pembuluh tersebut lebih besar dari 2 milimeter.

  1. Mata Merah dna Peradangan

Jika Anda terbiasa tidur tanpa melepas lensa kontak, maka kebiasaan ini bisa menyebabkan mata menjadi merah serta peradangan di dalam mata ANda. Jika neo-vaskularisasi terjadi di dalam kornea mata, Anda mungkin tidak bisa menggunakan lensa kontak lagi.

  1. Luka di korena

Memakai lensa kontak terlalu lama dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami luka atau borok di dalam kornea. Perlu diketahui pemakaian lensa kontak yang tidak dirawat dengan bersih dan tanpa penggantian yang rutin justru bisa merusak kornea.

Misalnya, menggaruk atau terjadi goresan kecil di kornea dapat membuat luka terbuka, sehingga partikel kecil dapat terjebak di bawahnya selain itu bakteri juga bisa masuk ke mata.

  1. Masuknya Parasit

Tertidur tanpa sempat melepas lensa kontak untuk satu malam masih bisa dimaklumi. Tapi jika hal iut dilakukan secara terus-menerus bisa jadi masalah dan sangat berbahaya bagi kesehatan mata. Banyak kasus yang menunjukkan infeksi mata akibat adanya parasit atau bakteri masuk ke mata.

“Kekurangan oksigen pada kornea mata dapat merusak permukaan jaringan epitel dna menyebabkan luka kecil, sehingga bakteri mudah menginfeksi mata,” kata Jian-Liang, dokter mata dari Wan Fang Hospital.

  1. Kebutaan

Keratitis atau infeksi pada kornea, merupakan infeksi yang paling sering dialami oleh para pengguna lensa kontak. Infeksi ini dapat disebabkan oleh adanya jamur, bakteri, amuba, dan juga herpes. Bila tidak segera diatasi, kondisi ini dapat menyebabkan kehilangan penglihatan secara minor, transplantasi kornea, bahkan kebutaan total.

Satu-satunya cara mencegah risiko infeksi pada mata adalah dengan membersihkan lensa kontak secara rutin dan cermat, selalu simpan di tempatnya, dan tak lupa membuka atau melepas lensa kontak sebelum tidur. Bila Anda termasuk orang yang kurang teliti dan malas membersihkan lensa kontak, penggunaan lensa kontak sekali pakai sangat disarankan. (AGT)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY