Bahaya Penyakit Jantung dan Perbedaan Gejalanya Pada Pria dan Wanita

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit jantung adalah salah satu penyakit di mana jantung tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Jika tidak ditindaklanjuti, risiko fatal dari penyakit jantung adalah kematian. Untuk itu, langkah awal yang harus Anda ketahui adalah gejala- gejala dari serangan jantung agar Anda bisa lebih waspada.

Tahukah Anda bahwa ternyata gejala penyakit jantung yang dialami pria dan wanita itu berbeda? Menurut penelitian, gejalan yang ditimbulkan dari penderita jantung wanita memang berbeda dengan pria seperti yang telah disampaikan oleh American Heart Association (AHA). Hal ini disebabkan oleh karena sperbedaan struktur organ jantung pria dan wanita. Nah apa saja gejala perbedaan gejala penyakit jantung pada pria dan wanita? Simak pembahasan di bawah ini:

Pada wanita serangan jantung seperti terkena penyakit flu. Wanita yang terkena serangan biasanya akan merasa kelelahan, pusing, sulit tidur dan nafas pendek.

Walaupun pria dan wanita yang mendapatkan serangan akan sama- sama merasakan sakit di dada, namun gejala seperti flu in hanya dialami oleh wanita. Ini terjadi karena perbedaan ukuran pembuluh yang berfungsi untuk menyuplai darah ke jantung dan juga perbedaan hormon.

Wanita seringkali mengabaikan gejala ini karena mengira hal itu mungkin adalah gejala dari perubahan hormon. Ada sebagian wanita yang menyangka bahwa hal tersebut merupakan gejala menopause.

Tekanan darah tingg dan diabetes bisa lebih berbahaya pada wanita. Hal ini disebabkan karena tekanan darah tinggi menjadi penyebab serangan jantung pada wanita yang paling kuat. Selain itu, diabetes yang terjadi pada wanita juga bisa meningkatkan serangan jantung pada wanita, lebih tingi daripada pria.

Selain itu wanita mengalami hilang nafsu makan dan merasa mulas sebagai gejala penyakit jantung. Sedangkan yang terjadi pada pria adalah rasa tidak nyaman yang menyebar dari rahang, tenggorokan, lengan sampai punggung.

Apabila Anda mengalami gejala- gejala seperti yang telah disebutkan di atas, segera konsultasikan kepada dokter dan jangan abaikan gejala- gejala ringan tersebut. Karena akan semakin baik jika pengobatan dilakukan sedini mungkin.

Sebagai pencegahan, dapat dilakukan beberapa cara yang mudah di antaranya adalah dengan mematikan lampu sebelum tidur. Dengan keadaan kamar gelap akan menjadi satu cara untuk mencegah penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena cahaya bisa menekan produksi hormon tidur melatonin.

Mengurangi konsumsi gula juga bisa menjadi satu upaya pencegahan penyakit jantung. Sudah disebutkan di atas tadi jika diabetes bisa menjadi salah satu penyebab penyakit jantung, terutama pada wanita. Oleh karena itu, kurangilah makanan dan minuman manis dan gantilah dengan air putih dan makanan sehat serta berserat.

Bagi Anda yang sering menunda buang air kecil, apapun alasannya mulai sekarang hindarilah hal tersebut. Karena kandung kemih yang penuh bisa memacu jantung untuk berdetak lebih cepat dan memicu arteri coroner untuk berkontraksi.

Demikian di atas adalah gejala penyakit jantung dan beberapa upaya pencegahannya. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here