Bahaya Penyakit Kanker Kelenjar Getah Bening

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Penyakit kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan ditakuti oleh semua orang. Bagaimana tidak? Jika terkena penyakit ini dampak yang paling berbahaya akan menyebabkan kematian bagi penderitanya.

Salah satu jenis penyakit kanker yang mungkin anda pernah dengar adalah kanker kelenjar getah bening. Mungkin penyakit ini sedikit asing bagi anda yang baru mengetahuinya. Tetapi kanker kelenjar getah bening ini tak kalah berbahaya dibandingkan dengan jenis penyakit kanker lainnya.

Pada dasarnya penyakit kanker kelenjar getah bening ini terjadi karena sistem limfatik dimana berperan dalam sistem kekebalan tubuh terserang oleh virus atau infeksi, sehingga bagian tubuh yang terinfeksi memiliki kekebalan tubuh yang rendah dan terbentuklah pembengkakan getah bening yang dalam waktu lama menjadi kanker kelenjar getah bening.

Bahaya dari kanker ini yaitu apabila seseorang yang terkena kanker kelenjar getah bening pada stadium empat umumnya sulit untuk disembuhkan dan kebanyakan dari mereka tidak dapat bertahan hidup. Selain itu, berikut ada beberapa bahaya lain dari penyakit kanker kelenjar getah bening :

  1. Merupakan kanker

Di dalam tubuh manusia kelenjar dapat ditemukan dalam jumlah banyak dan menyebar disuluruh tubuh dengan fungsi masing-masing. Karena jumlahnya yang begitu banyak, maka jika salah satu dari kelenjar tersebut terinfeksi kanker, kelenjar lain juga akan terinfeksi. Seperti halnya kanker memang dapat menyebar, jadi terjadi juga pada kanker kelenjar getah bening ini.

  1. Ditemukan lebih dari satu area

Umumnya orang mengetahui kanker kelenjar getah bening terdapat pada area belakang leher. Namun, sebenarnya ada beberapa area lain yang juga dapat terserang kanker ini, meliputi bagian lipatan paha, dan juga bagian ketiak.

  1. Terdapat benjolan

Terdapatnya benjolan pada area tubuh yang memiliki kelenjar getah bening, menandakan bahwa penderita sudah cukup lama terinfeksi kanker kelenjar getah bening.

  1. Menganggu sistem kekebalan tubuh

Salah satu fungsi dari kelenjar getah bening adalah ikut andil dalam mempertahankan sistem kekebalan tubuh. Jika kelenjar getah bening terinfeksi kanker maka berdampak juga dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

  1. Bersifat penting bagi tubuh

Kelenjar getah bening ini memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh manusia, yaitu mempertahankan tubuh, mengenali dan melawan kuman-kuman atau zat asing yang mengganggu tubuh.

  1. Pertumbuhan sel abnormal

Pada kanker kelenjar getah bening juga terjadi pertumbuhan sel yang abnormal. Pertumbuhan sel bnormal tersebut membuat mekanisme atau sistem dalam tubuh terganggu. (DKA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here