Bahaya Penyakit yang Mengintai Pengendara Motor

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Sepeda motor masih menjadi alat transportasi yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Sepeda motor selain efisien juga sangat efektif dalam mengatasi kemacetan di jalan raya. Tidak mengherankan jika akhirnya sepeda motor menjadi pilihan utama berbagai kalangan.

Hati-hati dengan penyakit yang mengintai pengendara motor

Namun pengendara motor harus mewaspadai berbagai penyakit yang bisa mengintai setiap saat. Menurut berbagai hasil penelitian dari pakar kesehatan dunia, ada satu penyakit yang rawan diderita oleh para pengendara motor. Penyakit tersebut adalah pneumonia atau paru-paru basah.

Penyakit pneumonia ini terjadi akibat munculnya infeksi pada paru-paru. Faktor penyebab utama infeksi ini dapat diakibatkan oleh udara kotor, seperti debu yang dihirup atau asap kendaraan. Ternyata dampak negatif yang dimunculkan oleh udara kotor atau angin yang menerjang tumbuh sangat berbahaya.

Jika seseorang yang gemar berkendara motor mengalami demam tinggi hingga menggigil kedinginan, maka segera periksakan diri ke dokter. Pasalnya gejala tersebut adalah tanda awal penyakit pneumonia. Selain itu ada pula gejala pneumonia lainnya yang juga harus diwaspadai, yakni batuk kering atau batuk berdahak.

Seseorang yang mengalami batuk dengan dahak berwarna kuning atau bahkan hijau, maka kondisi itu bisa menjadi tanda bahwa penyakit pneumonia sudah kronis. Paru-paru mengalami pembengkakan, sehingga mengakibatkan gangguan pernapasan.

Selain paru-paru basah, penyakit ispa atau TBC juga akan mengintai pengendara sepeda motor. Oleh karena itu disarankan bagi pengendara motor untuk mengenakan berbagai perlengkapan yang mendukung kesehatan.

Gunakan perlengkapan yang dapat mengurangi resiko serangan penyakit

Pengendara motor harus membiasakan diri menggunakan berbagai peralatan yang dapat mendukung keselamatan dan kesehatan. Misalnya saja masker, jaket, helm, pelindung dada, hingga sepatu booth.

Realitanya tidak semua orang senang memakai jaket atau pelindung dada ketika berkendara. Padahal jaket selain membuat seseorang terlihat lebih keren, juga akan menghindari tubuh dari serangan penyakit. Secara sederhana kulit akan terlindungi, sehingga bisa meminimalisir terpaan angin ke tubuh.

Helm juga menjadi alat yang sangat penting digunakan. Selain melindungi wajah dan kepala dari sinar matahari, helm juga menjadi penangkal apabila terjadi benturan. Berbagai hal bisa saja terjadi di jalan. Untuk menghindari terjadinya benturan keras di kepala akibat kecelakaan, maka gunakanlah helm berstandar SNI.

Satu lagi perlengkapan yang sangat penting digunakan adalah masker. Seperti yang diketahui jika pengendara motor selalu berhadapan dengan udara kotor setiap hari. Kondisi itulah yang akhirnya menyebabkan seseorang bisa menderita penyakit pneumonia.

Agar terhindar dari serangan penyakit, seseorang dianjurkan memakai masker setiap kali berkendara. Masker sangat bermanfaat untuk menyaring udara kotor agar tidak langsung terhirup. Terbukti bahwa penggunaan masker setidaknya dapat meminimalisir asap knalpot atau debu-debu yang masuk ke dalam tubuh. (APY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here