Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kehamilan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Dewasa ini, handphone tidak lagi menjadi suatu barang yang mewah. Hampir semua orang memiliki handphone mulai dari orang tua sampai anak kecil. Handphone atau telepon genggam seperti sudah menjadi hal yang tak terpisahkan bagi kehidupan setiap orang. Membaca berita, medsos, mendengarkan musik adalah kegiatan yang biasa dilakukan seseorang dengan handphone mereka.

Di balik banyak manfaatnya, ada dampak negatif yang ditimbulkan dari kebiasaan menggunakan handphone apalagi untuk wanita hamil. Berikut dampak yang ditimbulkan oleh radiasi handphone:

  1. Melahirkan anak hiperaktif. Tentu saja tidak masalah jika menggunakan handphone sesuai porsinya namun jika terlalu sering bahkan setiap saat menggunakan handphone,maka hal ini dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan perkembangan otak janin. Hal ini bisa menyebabkan bayi yang lahir menjadi hiperaktif. Seorang anak yang hiperaktif mempunyai pola fikir yang lamban karena mereka terlalu aktif dalam bergerak.
  1. Bisa menyebabkan kematian pada calon bayi. Menurut penelitian, sinar radiasi handphone bisa menjadi faktor kerusakan sel sehingga hal itu dapat menyebabkan keguguran pada kehamilan di usia 2 hingga 3 bulan.
  1. Memicu kanker payudara. Mulai sekarang, hentikan membawa handphone dalam saku. Karena paparan radiasi HP yang terkena tubuh bisa memicu perkembangan sel kanker. Untuk menghindari risiko ini, Anda bisa menggunakan tas kecil untuk menyimpan HP Anda.
  1. Menjadi pelupa. Sering menggunakan HP dalam menelepon akan mempengaruhi daya fikir Anda. Hal itu dapat mengganggu daya ingat Anda dan bisa jadi menyebabkan Anda menjadi pelupa. Sebaiknya, jika Anda merupakan seseorang yang sering menggunakan HP untuk menelepon atau menerima telepon, gunakan headset.

Menggunakan sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Walaupun hidup jadi dimudahkan dengan adanya HP, namun kalau digunakan terlalu sering akan membuat Anda mengalami hal yang tidak baik.

Selain hal tersebut di atas, menggunakan HP yang terlalu sering dan tidak wajar juga membuat seseorang menjadi tidak peka terhadap lingkungan sekitar. Di keramaian, seseorang memilih untuk menggunakan HP daripada bersosialisasi dengan sekitarnya. Padahal, sebelum ada HP, kesempatan untuk melakukan sebuah percakapan dengan orang sekitar menjadi lebih banyak. Dengan percakapan tersebut bisa menjalin hubungan yang hangat dengan orang lain juga bisa membuat pikiran menjadi lebih terbuka.

Selain itu, dalam keluarga jika ayah atau ibu lebih sering menggunakan HP mereka daripada memanfaatkan waktu untuk ngobrol bersama buah hati, maka hal tersebut tidak baik bagi perkembangan si kecil.

Pergunakan HP Anda dengan tidak berlebihan dan sebagaimana mestinya. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal dari HP Anda. Di sisi lain, Anda tetap menjadi orang tua dan partner yang bisa diandalkan. (AYK)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here