Bahaya Rokok Eletrik Bagi Kesehatan

www.sehatFresh.com

SehatFresh.com – Kata Vape atau Vapor memang sudah tidak awam di telinga masyarakat indonesia terutama bagi pecinta rokok di indonesia. Vape atau vapur merupakan jenis rokok elektrik yang memanfaatkan energi listrik dari batrai yang merubah cairan menjadi uap. Selain itu, rokok eletrik ini memiliki bentuk rokok yang unik serta praktis.

Melihat kepraktisan rokok eletrik ini banyak sekali masyarakat yang beralih dari kebiasaan merokok dengan rokok tembakau ke rokok elektrik. Selain alasan praktis, alasan masyarakat berpindah ke rokok elektrik mereka mengira bahwa rokok elektrik dapat mengurangi dampak kecanduan yang di timbulkan rokok tembakau, mengingat rokok tembakau sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Namun, tidak dikira ternyata rokok elektrik ini juga berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu pada kesempatan ini kami akan membahas bahaya rokok eletrik bagi kesehatan.

Pengertian rokok eletrik

Rokok eletrik merupakan jenis rokok yang terdiri dari komponen berupa baterai, cartridge yang berisi cairan dan elemen pemanas yang berfungsi menimbulkan rasa panas atau hangat dan menguapkan cairan. Rokok eletrik ini tidak menghasilkan asap seperti rokok tembakau pada umumnya, melainkan menghasilkan uap yang berasal dari cairan yang di panaskan oleh baterai.

Cairan yang terdapat pada rorok eletrik atau vape ini disebut dengan sebutan cairan liquid. Cairan liquid yang terdapat di rokok eletrik ini ternyata memiliki berbagai varian rasa seperti Mint, Menthol, aneka jenis rasa buah buahan, karamel, kapucino, kopi, coklat, susu dan masih banyak lagi sesuai dengan yang di sukai pengonsumsinya. Varian rasa ini biasanya tersedia di took-toko penjual rokok eletrik.

Lalu apakah bahaya rokok eletrik bagi kesehatan?

Sebelum Membicarakan tentang bahaya yang di timbulkan oleh rokok eletrik,kita kembali pada ulasan sebelumnya tentang komponen dari rokok eletrik ini salah satunya yaitu cairan atau bisa di sebut dengan liquid, seperti yang kalian ketahui bahwa cairan ini memiliki banyak varian rasa yang biasa tersedia di took-toko selain itu perlu di ketahui juga cairan liquid ini juga memiliki kandungan zat kimia seperti zat propylene glycol dan zat nikotin yang ternyata berbahaya bagi kesehatan, berikut adalah beberapa bahaya yang dapat di timbulkan oleh rokok eletrik :

  1. Resiko terserang penyakit paru-paru

Kandungan nikotin yang terdapat di dalam cairan liquid pada rokok eletrik ini dapat masuk kedalam paru-paru yang menyebabkan paru-paru menjadi rusak.

  1. Resiko kanker

Mengosumsi rokok eletrik terus menerus membuat kadar nikotin di dalam tubuh semakin banyak, banyaknya kadar nikotin di dalam tubuh maka akan menyebabkan semakin banyak zat TSNA yang terdapat di tubuh pula, TSNA atau tobacco-specific nitrosamine adalah zat yang bersifat karsinogen yang terdapat di dalam tembakau. Sifat karsinogen ini dapat menimbulkan kanker.

  1. Resiko infeksi saluran pernafasan

Pada cairan liquid selain mengandung nikotin juga mengandung zat propylene glycol atau biasa di sebut gliseril, zat tersebut dapat menyebabkan infeksi saluran pernafasan.

  1. Resiko cedera

Resiko rokok eletrik meledak bisa terjadi sewaktu-waktu karena rokok eletrik sendiri berbahan dasar dari batrai yang memancarkan arus listrik. Sekecil kecilnya kapasitas batrai yang memancarkan arus listrik tetap saja memiliki resiko meledak. Seperti yang terjadi pada kasus baru-baru ini yang di viralkan di media sosial facebook, dalam media sosial terposting foto anak remaja yang terbaring di rumah sakit dengan hidung dan mulut di perban, menurut akun yang meposting foto tersebut itu merupakan foto temennya yang sedang di rawat karena sebelumnya mengosumsi rokok eletrik yang tiba-tiba meledak pada saat menghisapnya.

  1. Penyakit jantung

Selain beresiko menimbulkan penyakit paru-paru, rokok eletrik juga dapat menyebabkan penyakit jantung, hal ini dipicu oleh asap yang di hisap oleh perokok aktif selain masuk kedalam paru-paru, ternyata juga dapat masuk ke jantung.

Demikian ulsan tentang bahaya dari rokok eletrik bagi kesehatan. Pada dasarnya merokok baik itu merokok dengan rokok tembakau maupun rokok eletrik sangatlah berbahaya bagi kesehatan. Mengetahui hal tersebut di anjurkan kepada masyarakat sebaiknya jangan merokok jika memang kalian semua saying terhadap tubuh kita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here