Bahaya Sering Mengonsumsi Susu Kental Manis Bagi Ibu Hamil

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Masa kehamilan sangat perlu mendapatkan perhatian khusus salah satunya dalam hal pemberian nutrisi. Segala makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berdampak pada perkembangan janinnya. Kebiasaan mengonsumsi susu sebagai pemasok kebutuhan protein biasanya sudah diterapkan oleh ibu hamil di seluruh negara untuk membantu dalam perkembangan janin. Tiap tahunnya, jumlah ibu hamil di Indonesia terus bertambah hingga berbagai jenis dan merek susu ibu hamil dijual di pasar Indonesia. Dengan adanya hal tersebut, mengonsumsi susu sekarang menjadi budaya bagi ibu hamil sebagai nutrisi tambahan.

Jenis/bentuk susu yang ada saat ini yakni seperti susu bubuk, susu cair dan susu kental manis. Kebanyakan produk susu untuk ibu hamil biasanya tersedia dalam bentuk bubuk. Dikarenakan harga yang mahal, biasanya beberapa ibu hamil berasumsi untuk menggantinya dengan susu kental manis yang harganya relatif lebih murah dan mudah didapat. Tahukan Anda jika kandungan gula dan lemak di dalam susu kental manis jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bentuk susu lain? Berbeda dengan susu ibu hamil pada umumnya, susu kental manis justru menjadi sumber kalori, hal ini tentu menimbulkan efek pada ibu dan janinnya jika terlalu sering dikonsumsi.

Untuk menghindari adanya masalah dalam kehamilan, kenali bahaya jika terlalu sering mengonsumsi susu kental manis saat hamil. Bahaya jika terlalu sering mengonsumsi susu kental manis saat hamil yaitu :

  1. Bayi Menjad Besar

Dalam beberapa kasus, susu ibu hamil juga bisa menyebabkan bayi menjadi besar. Namun, susu kental manis jauh lebih beresiko untuk membuat bayi dan ibu cepat gemuk. Hal ini dapat berdampak pada saat melahirkan karena bayi terlalu besar dan sulit keluar lewat jalan lahir maka bisa saja dilkukan prosedur operasi caesar.

  1. Resiko Obesitas Bagi Ibu Hamil

Kandungan gula dan lemak yang tinggi serta bahan pengawet yang membuat susu kental manis awet dapat membuat siapapun yang mengonsumsinya akan mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Tentu hal ini bukan menjadi faktor utama, faktor lain yang memicu obesitas pada seseorang yakni karena pola makan yang tidak terkontrol serta minimnya aktivitas harian. Akibat dari obesitas, maka dapat muncul berbagai penyakit seperti Diabetes, Jantung dan Stroke.

  1. Resiko Terkena Penyakit Diabetes

Dikarenakan kandungan gula yang tinggi di dalam susu kental manis, apabila ibu terlalu sering mengonsumsi susu kental manis maka dikhawatirkan akan terjadi penumpukan gula di dalam darah sehingga dapat menyebabkan ibu menderita penyakit diabetes. Sebagai hasil akhir, bayi juga beresiko mengalami diabetes.

  1. Resiko Terserang Penyakit Jantung

Saat tubuh kita mengalami peningkatan kadar lemak, organ jantung menjadi yang utama mengalami gangguan. Seperti nyeri, berdebar-debar sangat kencang hingga lambat laun dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius yaitu gagal jantung atau dalam bahasa kesehatan Decompensatio Cordis. (SPT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here