Bahaya Tauge untuk Kesehatan

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tauge merupakan salah satu bahan makanan yang sering dijumpai dalam pola makan sehat sehari-hari. Bahan makanan yang satu ini mengandung berbagai nutrisi penting, seperti vitamin A,C, dan E yang baik untuk kecantikan dan kesuburan. Tauge juga kaya akan kandungan vitamin K yang membantu dalam pembekuan darah dan menjaga kepadatan tulang, serta vitamin B kompleks yang berperan dalam berbagai proses metabolisme serta mempertahankan fungsi saraf dan otak. Tauge merupakan makanan rendah kalori sehingga baik dalam program diet. Kelebihan lainnya adalah tauge termasuk makanan sehat yang harganya murah. Namun, bila cara penyajiannya kurang tepat, tauge justru bisa menjadi bumerang bagi kesehatan.

Beberapa tahun yang lalu, dunia sempat dihebohkan oleh berita keracunan akibat makan tauge di Amerika Serikat dan Eropa. Bukan taugenya yang mengandung racun, melainkan akibat kontaminasi bakteri salmonella. Tauge memang rentan terkontaminasi, baik itu karena pemilihan biji yang kurang higienis, sanitasi yang buruk, ataupun terkontaminasi saat sprouting, yaitu proses pertumbuhan biji menjadi tauge. Sprouting sebenarnya telah diteliti dapat meningkatkan efektivitas kandungan nutrisi dalam tauge. Diperlukan kondisi lingkungan yang hangat dan lembab dalam proses ini. Sayangnya, lingkungan tersebut juga merupakan lingkungan ideal untuk perkembangbiakan bakteri, seperti salmonella, sehingga sangat rentan terkontaminasi.

Dalam kehidupan sehari-hari, tauge sering disajikan sebagai tumisan, pelengkap bakso, atau bahkan dimakan mentah. Penting untuk digarisbawahi bahwa konsumsi tauge mentah sangat berisiko terkena infeksi salmonella. Belum lagi saat pengemasan hingga dipasarkan, tauge tersentuh banyak tangan yang tidak terjamin kebersihannya. Infeksi salmonella memengaruhi saluran pencernaan. Orang yang terinfeksi biasanya mengalami diare berdarah, kram perut dan demam. Diare berkepanjangan dapat menimbulkan masalah lainnya, terutama dehidrasi akibat banyak cairan tubuh yang terbuang. Dehidrasi dapat mengarah ke anemia hingga kematian,

Salmonella juga mudah berkembangbiak dalam tubuh. Ketika telah menginfeksi aliran darah, salmonella dapat memengaruhi beberapa sistem organ dalam tubuh, yang bermanifestasi sebagai tifoid atau demam enterik, hingga infeksi pada jaringan otak yang disebut meningitis. Selain itu, konsumsi tauge mentah juga membawa risiko infeksi E. coli. Dampak infeksi bisa semakin buruk bila yang terkena adalah anak-anak, wanita hamil, lanjut usia, dan orang yang sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Dengan demikian, sebaiknya hindari konsumsi tauge mentah. Untuk mendapatkan manfaat tauge, sebaiknya dikonsumsi setelah dimasak dan ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan, diantaranya:

  • Saat hendak membeli tauge, cium dahulu baunya. Tauge yang masih segar seharusnya tidak menimbulkan bau tak sedap. Bila tauge mengeluarkan aroma yang tak sedap dan bahkan warnanya mulai kecoklatan, maka sudah tidak layak dikonsumsi.
  • Sebelum dimasak, pastikan tauge telah dicuci bersih di bawah air mengalir bukan bersihkan dalam wadah, guna menghilangkan bakteri berbahaya.
  • Jangan biarkan tauge bersentuhan dengan makanan mentah saat akan diolah.
  • Pastikan talenan dan peralatan masak lainnya dalam kondisi bersih.
  • Masak tauge hingga benar-benar matang karena mencuci saja belum cukup menghilangkan bakteri.
  • Ketika disimpan dalam kulkas, pisahkan tauge dengan sayuran lainnya.

Tanpa disadari, ternyata banyak makanan sehat di sekitar kita yang bisa menjadi bumerang bagi kesehatan. Jagalah kesehatan Anda dengan keluarga dengan mengonsumsi makanan sehat yang bersih serta bebas kontaminasi patogen yang merugikan kesehatan. Maka dari itu, pastikan memilih bahan makanan yang segar, dan dimasak dengan benar.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY