Bahaya Telinga Gatal

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Anda sering menyepelekan gatal pada telinga? Sebaiknya mulai sekarang Anda jangan sepelekan gatal yang terjadi pada telinga. Telinga merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai indra pendengaran yang berfungsi untuk menangkap suara atau bunyi, selain itu telinga juga menjadi organ yang bertugas untuk menjaga keseimbangan. Telinga bisa menangkap bunyi karena telinga memiliki reseptor khusus yang berfungsi untuk mengenali getaran suara.

Telinga dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: bagian telinga luar merupakan bagian terluar dari telinga yang terdiri dari daun telinga, lubang telinga dan saluran telinga luar, kemudian telinga tengah adalah rongga udara di belakang gendang telinga yang meliputi tiga tulang pendengaran yaitu malleus, incus, dan stapes, dan telinga dalam adalah bagian yang berada di dalam bagian petrosa tulang temporal yang tersusun atas dua bagian yaitu tulang labyrinth yang menonjol dan membran labyrinth.

Telinga gatal merupakan tanda akumulasi kotoran di dalam telinga. Sementara pada beberapa kasus, hal ini merupakan gejala awal dari sebuah infeksi telinga. Gangguan telinga yang tidak segera diobati pada akhirnya akan membuat kondisi kesehatan dapat menjadi bertambah parah. Ada banyak syaraf sensitif yang memenuhi telinga, maka jika terjadi gangguan sedikit saja pada telinga bisa saja menyebabkan banyak penyakit berbahaya. Berikut beberapa penyakit berbahaya yang mungkin timbul akibat gatal yang terjadi pada telinga:

  • Psoriasis. Umumnya penyakit ini timbul pada lutut, punggung bagian bawah, siku atau kulit kepala. Psoriasis juga dapat terjadi di telinga. Penyakit ini termasuk penyakit jangka panjang atau tergolong kronis yang menyerang kulit. Pada kasus psoriaris sel kulit penderita berkembang lebih cepat dari biasanya, sehingga sel-sel kulit mati menumpuk dan mengakibatkan kulit kering dan kulit gatal.
  • Infeksi telinga (otitis eksterna). Infeksi ini terjadi pada saluran yang menghubungkan lubang telinga luar dengan gendang telinga. Pada kasus tertentu, otitis eksterna dapat menyebar hingga ke jaringan di luar telinga, seperti wajah dan rahang, sehingga menjadi otitis eksterna ganas. Kondisi ini banyak disebabkan oleh bakteri Pseudomonas aeruginosa. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini dapat mengancam nyawa karena dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebar ke otak.
  • Dermatitis saluran telinga. Kondisi ini terjadi akibat peradangan pada kulit dalam telinga dan saluran telinga. Umumnya penyakit ini disebabkan karena reaksi alergi terhadap benda asing seperti perhiasan.
  • Rhinitis. Rhinitis alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh mendeteksi dan mengusir benda asing atau sumber penyebab alergi dengan mengeluarkan histamin. Peradangan pada lapisan rongga hidung yang dapat bersifat musiman ataupun terjadi secara terus-menerus. Rhinitis dapat membuat hidung berair dan sering bersin, namun gatal pada telinga dapat terjadi.

Setelah mengetahui bahaya dari gatal pada telinga ini maka sebaiknya Anda mulai menjaga kesehatan telinga Anda mulai sekarang, agar terhindari dari penyakit berbahaya akibat telinga yang gatal.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY