Bahaya Terlalu Sering Mencukur Bulu Ketiak

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Bulu ketiak letaknya memang hampir tak terlihat sepanjang hari. Meski begitu, sebagian orang merasa tidak nyaman bila bulu ketiaknya dibiarkan tumbuh lebat. Mencukurnya pun menjadi jalan keluar. Namun, mencukur bulu ketiak terlalu sering juga berbahaya bagi kesehatan, lho.

Sebagian orang berusaha untuk menghilangkan bulu ketiak. Namun, banyak yang memiliki kesulitan dalam menghilangkannya. Beberapa orang bahkan mengalami cepatnya pertumbuhan kembali bulu ketiak yang membuatnya makin tak nyaman dan percaya diri. Mencukur dan mencabut pun tidak menjadi solusi yang tepat karena akan ada dampak buruk yang ditimbulkannya.

Kulit ketiak merupakan bagian kulit tubuh yang sangat unik. Keadaannya sangat lembut dan mudah terluka karena komposisi kelembabannya berbeda dengan bagian kulit yang lain. Kulit ketiak lebih banyak mengandung kolesterol dan ceramides alias sel pembentuk pertahanan kulit yang membentengi organisme di kulit luar manusia. Lantaran mengandung lebih banyak ceramides, kulit ketiak menjadi lebih tipis dan tidak fleksibel.

Dr. Therese Bevers dari MD Anderson mengungkapkan, mencukur atau mencabuti bulu ketiak akan menyebabkan timbulnya luka tak kasat.

Tak hanya itu, ketiak merupakan bagian yang rajin mengeluarkan keringat tubuh. Keringat tubuh tersebut sudah pasti mengandung kuman-kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Dengan adanya kuman dan bakteri pada ketiak yang mengalami luka tak kasat mata, maka kemungkinan untuk terjadi infeksi pun akan semakin tinggi. Selain luka, risiko mencukur bulu ketiak terlalu sering lainnya adalah sebagai berikut:

  • Melebarkan jalan masuk racun ke dalam tubuh. Bagaimana hal ini dapat terjadi? Ternyata, ketika Anda mencukur bulu ketiak hingga ke akarnya akan memperbesar pori-pori di daerah sekitar ketiak Anda. Dengan membesarnya pori-pori di area ketiak, sudah bisa dipastikan jalan masuk bagi toksin dan racun ke dalam tubuh akan menjadi semakin lebar. Belum lagi bila Anda sering menggunakan bedak, deodoran, dan krim penghilang bau yang kandungan kimianya bisa masuk ke dalam lapisan kulit.
  • Mencabuti bulu ketiak memiliki risiko terjadinya kanker payudara. Risiko lain yang tak kalah menyeramkan adalah mengendapnya racun atau zat kimia yang masuk melalui ketiak. Di mana mengendapnya racun atau zat kimia tersebut? Jawabannya adalah payudara karena letaknya berdekatan dengan ketiak. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko kanker payudara.
  • Pembengkakan dan kanker kelenjar getah bening. Pada area sekitar ketiak terdapat banyak sekali kelenjar getah bening. Racun atau toksin yang masuk ke dalam tubuh bisa mengakibatkan terjadinya pembengkakan kelenjar getah bening dan munculnya sel kanker.

Lalu, bagaimana cara mencukur bulu ketiak yang aman? Sejumlah pakar kecantikan menyarankan untuk mengguntingnya saja daripada mencabut paksa menggunakan pinset atau alat waxing yang sama sekali tidak dianjurkan. (SBA)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here