Bahaya Tidur Pagi Bagi Ibu Hamil dan Cara Menghindarinya

www.sehatfresh.com

SehatFresh.com – Tidur pagi yang dirasakan oleh ibu hamil mungkin memang nyaman karena dengan tidur pagi anda akan berpikir dapat menambah energi untuk beraktivitas dan tidak merasa lesu.

Namun, kebanyakan dari ibu hamil tidak mengetahui bahwa sebenarnya tidur pagi itu dapat berbahaya bagi ibu hamil. Mereka menganggap bahaya tidur pagi yang sering di dengar orang lain tidak benar atau mitos. Padahal menurut dunia kesehatan tidur pagi membahayakan baik untuk ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan.

Lalu apa saja bahaya tidur pagi bagi ibu hamil? Berikut akan dijelaskan beberapa bahaya yang akan dialami ibu hamil jika tidur di pagi hari :

  1. Imsomnia

Banyak ibu hamil yang mengeluh jika malam hari susah tidur sehingga akan tidur jika sudah larut malam. Terjadinya insomnia atau susah tidur di malam hari salah satu akibat dari terlalu banyak tidur pagi. Apabila anda sudah mengalami imsomnia pasti tidur anda menjadi tidak berkualitas. Padahal tidur yang berkualitas sangat diperlukan untuk kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan.

  1. Lesu

Anda mungkin berpikir setelah mendapat tidur tambahan di pagi hari akan membuat anda semangat beraktivitas setelah bangun. Tetapi, sebaliknya justru ibu hamil akan merasa lesu setelah tidur pagi yang berlebihan. Tidur pagi yang berlebih membuat lesu karena metabolisme tubuh dirancang untuk tidur saat malam hari dan bukan dirancang untuk pagi hari.

  1. Gangguan metabolisme

Gangguan metabolisme yang akan dirasakan ibu hamil yaitu ibu akan merasakan lapar dalam waktu yang lama. Sehingga ibu hamil akan banyak makan. Ibu hamil juga akan mengalami peningkatan berat badan yang cukup signifikan.

  1. Kurang aktivitas

Karena terlalu banyak tidur di pagi hari ibu akan sedikit beraktivitas dan banyak menghabiskan waktunya untuk berbaring di kasur. Istirahat memang diperlukan oleh ibu hamil, namun harus diimbangi dengan aktivitas fisik, sehingga tetap menjaga kesehatan tubuh ibu hamil.

  1. Sulit konsentrasi

Sulitnya berkonsentrasi pada ibu hamil terjadi karena banyak tidur pagi maka aliran darah ke otak tidak lancar sebab ibu hamil tidak banyak bergerak.

  1. Sakit kepala

Sakit kepala akibat tidur pagi pada ibu hamil cukup menakutkan karena jika tidak segera diobati ibu hamil tidak mengubah pola tidurnya maka akan mengakibatkan kebutaan permanen.

  1. Cairan ketuban banyak

Kurangnya aktivitas ibu hamil karena banyak tidur pagi akan membuat penumpukan cairan ketuban dalam rahim. Cairan ketuban yang terlalu banyak tidak baik bagi janin karena akan membuat janin tidak masuk panggul ketika proses persalinan normal.

Itulah beberapa bahaya yang muncul ketika ibu hamil tidur di pagi hari. Lalu apakah ada cara untuk menghindari bahaya tersebut?. Tenang saja, ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari tidur saat pagi hari, yaitu :

  • Lakukan aktivitas apa saja yang membuat anda merasa rileks
  • Lakukan relaksasi di atas tempat tidur
  • Menjaga kenyamanan suasana kamar dan kebersihannya
  • Atur asupan makan dan minum anda, khususnya pada sore atau malam hari.
  • Tidur siang selama 30-60 menit
  • Mengatur jadwal tidur
  • Bila gangguan tidur berlanjut, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. (DKA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY